Gempabumi Tektonik 5,3 SR Guncang Manokwari

Oleh Redaksi

01 August 2019 07:01 594 VIew

''lokasi gempa''

Manokwari arfaknews –  Gempabumi berkekuatan 5,3 SR, terletak di titik koordinat 0,73 LS dan 133,24 BT, berjarak 90 KM arah barat Kota Manokwari dengan kedalaman 52 km, terjadi Kamis (1/8) sekitar pukul 01.35 Wit.

Gempabumi terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Papua, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempabumi di wilayah manokwari ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa dirasakan di Manokwari II-III MMI, getaran gempa dirasakan beberapa orang, dimana benda-benda ringan digantung bergoyang .

Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 02.15 wib, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG pun menghimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, agar menghindari bangunan retak atau rusak diakibatkan gempa.

Selain itu masayarakat di minta melakukan pemeriksaan dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari bmkg disebarkan melalui kanal komunikasi resmi telah terverifikasi di  instagram, twitter @infobmkg, website http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id atau melalui mobile apps (ios dan android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg, kata kepala pusat gempabumi dan tsunami BMKG, Rahmat Triyono, melalui rirlisnya ke sejumlah awa media.

Berita Terkait