Pendapatan Sektor Pajak dan Retribusi, Tunjang Pembangunan Daerah

Oleh Jams Aisoki

06 August 2019 07:01 166 VIew

''Sektor Pajak''

Manokwari arfaknews.com - Pajak merupakan salah satu sumber penerumaan negara memiliki peran cukup penting dalam mendukung pembangunan nasional. selama ini 70 % sumber penerimaan nasional berasal dari sektor pajak.

Fungsi pajak selama ini digunakan untuk kepentingan umum, berupa pembiayaan penyelenggara negara, belanja pegawai dan belanja proyek pembangunan.

Berdasarkan undang-undang RI nomor 28 tahun 2009 dan peraturan daerah, dimana Pemerintah Daerah (Pemda) Manokwari melalui Bappenda diberi kewenangan menangani 10 objek pajak yaitu, Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), pajak air tanah, pajak mineral bukan logam dan bantuan, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parkir, pajak reklame dan retribusi.

Sekretaris Daerah Manokwari, Aljabar Makatita, senin (5/8) menghimbau warga manokwari untuk aktif membayar pajak guna mendukung progres pembangunan daerah.

Pajak bukan hanya pungutan tetapi alat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh warga masyarakat, untuk saya berharap sebagai warga negara yang baik, mari kita ikut berpartisipasi membayar pajak secara aktif agar penerimaan pajak di tahun 2019 meningkat,  ucapnya saat pembukaan gebyar pembayaran pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Manokwari.

Membayar pajak secara langsung melalui rekening daerah di bank papua atau menuju kantor Bappeda Manokwari.

Sebelumnya, Bappenda Kabupaten Manokwari telah merilis realisasi  penerimaan pajak daerah sebesar per juni 2019  sebesar Rp. 21. 065. 565. 364 dari target pajak perjuni 2019 sebesar Rp. 21.746. 976. 396 rupiah.

Berita Terkait