Persilahkan Penegak Hukum Lidik Rumah Dinas Pimpinan DPRD Papua Barat

Oleh Jams Aisoki

12 August 2019 07:01 546 VIew

''Ketua DPRD Papua Barat, Pieters Kondjol''

Manokwari arfaknews.com - Penegak hukum dalam hal Ini kepolisian, Kejaksaan maupun KPK dipersilahkan untuk melidik status Rumah Dinas Ketua DPRD Papua Barat, sementara diklaim mantan ketua DPRD Papua Barat Jimmy D.Idje di Kampung Arowi, Distrik Manokwari Timur, Manokwari.

Ketua DPRD Papua Barat, Pieters Kondjol ketika di temui wartawam, Senin ( 12/8) menerangkan tidak tahu menahu soal status kepemilikan rumah Dinas ketua DPRD Papua Barat, namun diketahui rumah itu itu dibangun dengan Anggaran APBD untuk Pimpinan DPRD.

dikatakan dirinya tidak tahu faktor apa, sehingga rumah dinas dibangun diatas Tanahnya,  sehingga memprsilahkan penegak hukum untuk melidiknya, itu bukan kewenangannya. Tapi yang jelas rumah jabatan Ketua DPRD dan sampai saat ini tidak ditempati pimpinan DPRD, sehingga perlu dipertanyakan rumah itu milik siapa dan Tanah itu milik siapa,  namun kalau itu milik bersangkutan tak jadi masalah, kata Piters

Didengarnya jika KPK mau masuk untuk penertibaan Rumah Dinas DPRD Papua Barat, baginya hal tidak ada masalah, tapi yang jelas selesaikan rumah pimpinan masih ditempati mantan ketua DPRD Papua barat tersebut, agar bisa ditempati pimpinan DPRD Papua Barat berikutnya.

Sebagai unsur pimpinan, sangat mendukung penertibaan asset di bagian ini, dirinya sangat kooperatif terpenting melalui prosedur baik atau melalui pola pendekatan yang baik.

Jangan rumah dinas di Susweni jadi sasaran, namun semua  rumah unsur pimpinan DPRD Papua Barat,  sehingga diharapkan  permasalahan ini bisa di musyawarakan  secara bersama guna melihat hal ini, terangnya.

Selaku ketua DPRD, dirinya tidak menempati rumah Dinas Unsur pimpinan hingga akhir masa periode ini karena masih diklaim, dikatakan jika dirinya sendiri telah mendapat tunjangan perumahan. Sebelumnya ia tinggal di Kos, namun sejak 3 tahun terakhir kontrak Rumah di Marina Amban Manokwari senilai  Rp.100 juta per Tahun hingga kini.

Dijelaskan, Rumah Dinas Unsur Pimpinan DPRD Provinsi Papua Barat dibangun tiga buah rumah dengan sumber dana dari APBD di periode 2004-2009, untuk Ketua, wakil ketua I dan Wakil Ketua II.

Rumah Ketua dijabat Jimmy Idje sebagai ketua saat itu dan sampai ini saat ini masih diklaemnya, Sementara sejak Joseph Auri menjadi ketua DPRD pada periode 2009-2014 menempati Rumah Wakil Ketua I dan saat ini rumah tersebut tak terurus sehingga tidak layak untuk ditempati. sementara Rumah Dinas untuk pejabat wakil ketua II masih ditinggali Robby Nauw, ujarnya.

Menurut informasi diketahui, Tanahyang ditempati banguna berdiri masih milik Jimmy Idje, sedangkan bangunan Fisik dibangun dengan dana APBD Papua Barat.

Kalau mau pernertibaan Aset Rumah Dinas DPRD Papua Barat di Susweni masih bermasalah, berharap pemerintah Daerah dapat melihat hal ini dengan baik terutama yang aktif, sebab mereka yang merawat rumah tersebut. sehingga diharapkan bagian ini dilihat dengan baik.

Terkait kendaran Dinaspun demikian,  Kendaraan Dinas ada tiga yang  digunakan, kalau besok sudah turun dari jabatana ketua DPRD Papua Barat, bakal dikembalikan semuanya, ungkpanya.

Berita Terkait