645 Narapidan Papua Barat Dapat Remisi di HUT RI ke 74, 14 Dinyatakan Bebas

Oleh Redaksi

18 August 2019 07:01 234 VIew

''Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan ketika menyalami para Narapidana''

Manokwari arfaknews – suka cita HUT RI ke 74, selain dirasakan warga masyarakat, para penghuni 8 Lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan pembantu di Papua Barat pun turut merasakan kegembiraan terutama yang mendapatkan remisi dan remisi bebas..

Pemberian remisi dari Kementrian Hukum dan HAM (Kumham) Papua Barat diberikan kepada 645 narapidana diserahkan langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, saat memimpin langsung upacara peringatan HUT RI ke 74 di dalam Lapas Klas II B Manokwari, sedangkan 14 narapidana dinyatakan langsung bebas.

Gubernur pun berpesan ke narapidana telah bebas untuk memperbaiki sikap dan perilaku di tengah masyarakat, serta dapat menjadi mandiri dengan bekal keterampilan diberikan selama di dalam rumah tahanan (rutan) serta mengharpkan me3njadi manusia produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ditegaskan remisi diberikan ini bukan dimaknai merupakan hak warga binaan pemasyarakatan melalui berbagai ketegori, melainkan apresiasi negara terhadap warganya terutama warga binaan di lapas di seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Kumham Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba, berpesan pada narapidan yang bebas diharapkan menjaga tingka laku baik dan menghindari tindak kejahatan di tengah masyarakat serta berharap narapidana bebas tidak masuk lagi ke dalam lapas, terangnya.

645 narapidana penerima remisi umum diantaranya, RU-1 sebanyak 631 orang sedangkan RU-2 sebanyak 14 orang.

Sedangkan jumlah Narapidana dan anak terkait PP No.99 tahun 2012, menerima remisi umum 2019, untuk perkara Narkotika sebanyak 19 orang sedangkan narapidana korupsi menelan pil pahit lantaran tidak mendapat pengurangam hukuman, ungkapnya

Narapidan mendapatkan remisi mulai daro pemotongan masa tahan 1-6 bulan dimana  narapidana dapat remisi 1 bulan sebanyak 128 orang, Remisi 2 bulan 177 orang, remisi 3 bulan 168 orang, remisi 4 bulan 106 orang, remisi 5 bulan sebanyak 48 orang dan remisi 6 bulan 4 orang.

 

Berita Terkait