Polri Terjunkan Enam SSK Brimob BKO Amankan Manokwari dan Sorong

Oleh James Aisoki

21 August 2019 07:01 234 VIew

''Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak. | Foto : James Aisoki | arfaknews.com''

MANOKWARI_ Arfaknews.com - Kepolisian Republik Indonesia menerjunkan enam Satuan Setingkat Kompi (SSK) Bantuan Kendali Operasi (BKO) untuk membantu Polda Papua Barat guna melakukan pengamanan pasca rusuh di Manokwari, Sorong dan Fakfak Provinsi Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Herry Rudolf Nahak menerangkan saat ini Polda Papua Barat mendapat tambahan enam SSK anggota Brimob BKO dari Polda Maluku Utara, Polda Maluku dan Polda Sulawesi Selatan.

Kapolda menyatakan, pasca kerusuhan yang berlangsung pada Senin (19/8/2019) lalu. kini kondisi Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat berangsur kondusif.

"Kondisi saat ini, Manokwari sudah aman. Kami BKO pasukan ke Manokwari dan Sorong hanya untuk antisipasi saja, walaupun Manokwari sudah Aman" Ucap Herry Rudolf Nahak, saat jumpar pers di Hotel Aston Nieu Manokwari, selasa (20/8/2019).

Meskipun Kapolda menyatakan kodisi Manokwari dan Sorong aman, namun untuk mengantisipasi gejolak susulan, Polda Papua Barat tetap menyiagakan anggotanya di wilayah-wilayah rawan kerusuhan di pusat-pusat kota di Kabupaten Kota di Papua Barat.

''Manokwari sudah aman, tapi tetap harus kita jaga, sehingga kita harus libatkan personil yang di BKO kan dari polda lain, agar mejaga Manokwari dan Sorong aman, supaya jika ada letupan-letupan kembali kita bisa tangani dengan baik,'' Imbuh Brigjend Pol Herry Rudolf Nahak.

Kapolda Menambahkan, dari enam SSK Anggota Brimob BKO itu, empat SSK Anggota BKO akan di ditempatkan di Manokwari dan dua SSK di Kota Sorong.

''Di Manokwari ada 4 SSK Tambahan, di Sorong ada 2 SSK tambahan di Sorong, diharapkan dua SSK ini, bisa menambah kekuatan pasukan disana untuk mengamankan Daerah itu,'' pungkas Kapolda.

Berita Terkait