Resmi Buka Pendaftaran, PAN Syaratkan Calon Bupati Wajib Dengan Pasangan.

Oleh Redaksi

05 September 2019 07:01 346 VIew

''Ketua DPD PAN Kabupaten Manokwari, sekaligus Ketua Panitia Penerimaan Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Manokwari, Yusak Iryo, SH,. MM''

Manokwari, arfaknews.com - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kabupaten resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Manokwari Periode 2020-2025, pelaksanaan pendaftaran dilaksanakan selama tiga hari mulai, tanggal, 6 hingga 9 September 2019.

Ketua DPD PAN Kabupaten Manokwari, Yusak Iryo, SH,. MM, kamis (5/9/2019) mengatakan, pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati merupakan ketentuan konstitusional PAN yang mewajibkan DPD di tingkat Kabupaten untuk melaksanakan mekanisme organisasi secara terbuka dan demokratis kepada setiap putra-putri daerah terbaik untuk berkompetisi merebut dukungan Partai sebagai pra syarat pencalonan pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon wakil Bupati.

Kendati pembukaan pendaftaran dilakukan secara transparan dan demokratis, namun terdapat sejumlah syarat yang harus di penuhi bakal calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati. Salah satu syarat yakni, mewajibkan pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati yang hendak mendaftar harus telah memiliki pasangan yang tetap, dibuktikan dengan surat pernyataan pasangan yang ditandatangi kedua pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon Waki Bupati Manokwari periode 2028-2025.

''Itu syarat mutlak yang harus dipenuhi bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati, dimana Calo Bupati dan atau Calon Wakil Bupati yang datang mendaftar, harus dengan pasangan calon Wakil Bupatinya. tidak boleh datang sendiri sebagai Calon Bupati saja, melainkan berpasangan. tidak boleh hanya calon Bupati sendiri yang mendaftar, kalau hanya calon Bupati, kami tidak akan menerima pendaftarannya,'' tegas Iryo.

Selain syarat berpasangan saat mendaftar sebagai syarat mutlak, ada juga syarat administrasi yang harus dilengkapi pasangan bakal Calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati, yakni, foto kopi Ijazah SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, foto kopi Akte Kelahiran, foto kopi KTP, foto kopi Kartu Keluarga, foto kopi NPWP, pas foto ukuran4x6 berlatar warna biru sebanyak enam lembar.

Pembukaan pendaftaran dimulai pukul 09.00 hingga 17.00 Wit di sekretriat DPD PAN Kabupaten Manokwari, jalan Gunung Salju, Bengkel Tan Pagar Merah. prosesi pendaftaran akan disaksikan oleh sembilan Dewan Pimpinan Cabang tingkat Distrik.

''Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat, PAN hanya miliki satu kursi di DPRD Manokwari, tetapi PAN ingin menunjukan demokrasi yang terbuka kepada siapa pun putra-putri terbaik daerah Manokwari yang di dukung oleh masyarakat dalam pesta demokrasi dan politik 2020 mendatang,'' imbuhnya.

Berita Terkait