Melalui Festival Seni Budaya, Bakal Membentuk Karakter dan Moral Manusia

Oleh Charles Maniani

11 October 2019 09:12 691 VIew

''Gubernur Papua Barat, Dominggus MNadacan, ketika memberikan sambutan dalam festival seni dan budaya di Manokwari''

Manokwari arfaknews.com - Melalui Festival Seni budaya Papua Ke VII Provinsi Papua Barat tidak dapat di pungkiri memliki segudang makna terkandung dalam nilai seni dan budaya serta terdapat norma-norma penuntutan dalam kehidupan sebagai makhluk sosial. 

Festival ini akan dilaksanakan dalam bentuk perlombaa secara rutin tiap tahun oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Papua Barat, bertujuan melestarikan seni dan budaya dimiliki setiap suku dan budaya Daerah di Papua Barat

Piala bergilir berntuk tifa ini, dimenangkan tahun lalu kabupaten teluk Wondama, sedangka dalam kegiatan lomba kali ini piala tersebut diserahkan kembali untuk dijadikan ajang perebutan

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan para generasi muda telah diperhadapkan dengan arus modernisasi semakin pesat, seni dan budaya Papua kini telah berada dalam kepunahan oleh sebab itu perlu dijaga dan dilestarikan.

Di jaman moderen saat ini, perlu melestarikan Budaya kita, jangan sampai lupa akan budaya kita sendiri, budaya itu hilang karena ulah pemiliknya sendiri, tegas Dominggus (09/10)

Menurutnya, walau Pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasarana demi percepatan pembangunan di daerah jika tidak diimbangi dengan pembangunan kebudayaan itu akan menjadi sia-sia,Jangan kita lupa bahwa apabila tidak diimbangi dengan pembangunan kebudayaan guna pembentukan karakter dan moral manusia yang berbudaya dan bermartabat, jika tidak maka kita Tidak akan menghasilkan generasi manusia Papua yang sehat moralnya dan cerdas beretika mulia.

Selaku kepala suku besar Arfak  Gubernur Papua Barat menilai. hampir budaya hilang karena pemilik budayanya sendiri tidak menjaga hal itu dengan baik.

Budaya itu ibarat mutiara hitam yang tidur terlelap menunggu sentuhan-sentuhan tangan kasih generasi penerus untuk mengangkat nilai budaya yang tidak memiliki harganya, namun menjadi senjata ampuh dalam membangun karakter dan moral sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Perlu dibutuhkan semangat kebersamaan dan kebijakan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dan didukung segenap masyarakat.


Berita Terkait