Pemuda Dihimbau Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Oleh Jams Aisoki

12 October 2019 07:01 417 VIew

''kontein medsos''

Manokwari arfaknews – Di era keterbukaan informasi publik melalui media sosial, pemuda di harapkan agar bijak dan berhati hati dalam menggunakan media sosial untuk melakukan kritikan maupun dalam menyampaikan berita atau informasi belum di ketahui asal usul dan kebenarannya. 

Sekretrais Bidang Aksi dan Pelayanan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Manokwari, Galang Pahala menerangkan saat ini pemuda dan mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai arus informasi media sosial yang sangat bebas dan tidak terprotek sehingga miliki potensi untuk penyebaran informasi bersifat hoaks.

Melihat dari sisi media sosial (Medsoso) secara umum, penggunaan medsos ini jarang digunakan untuk saling menegur dan mengingatkan sesama pengguna medsos, justru penggunanaya lebih banyak larut dalam informasi di media sosial, sehingga pemuda miliki potensi untuk menyebarkan Informasi, berupa gambar dan Video profokatif  bersifat Hoaks'.

Berbagai gejolak sosial terjadi belakangan ini, dipicu oleh pengguna dari medsos itu sendiri, sehingga menyebarkan informasi yang tidak benara sehingga menimbulkan gejolak di tengah masyarakat.

Diharapkan, jangan membiarkan pemuda berjalan sendiri, melainkan melibatkan pemuda untuk terlibat aktif dalam sejumlah kegiatan pertemuaan agar ada rasa tanggng jawab mereka dalam menyamaikan informasi yang benar dan akuatan, serta dapat di percaya.

Banyak pemuda berperan aktif dalam menyebarkan hoaks. Hal ini dikarenakan Pemuda jarang dilibatkan dalam pertemuaan Publik atau terlibat dalam sejunlah dialog Publik.

Untuk mehindarinya, dibutuhkan peran serta semua pihak, Lembaga Pendidikan, Pemerintah, kelompok Pemuda dan Masyarakat.

menangani masalah ini, dibutuhkan kerja sama seluruh intansi terkait, Keterlibatan pemuda dalam segala aspek itu penting. kesbangpol dan KNPI didnilainya kurang aktif dalam membangun pemuda, berupa sejumlah kegiatan melibatkan dan menyentuh hati pemuda .

kedepan pemuda harus dlibatkan, sehingga KNPI harus bangunkan kembali roh Kepemudaan, Agar  dapat bersama menjaga keadaan Daerah tetap aman dan kondusif.

Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manokwari, Saridin Tefruam meminta untuk Pemuda lebih jeli, berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

Diharapkan pula generasi muda agar  lebih bijak dan lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Lebih baik mencari informasi dari media-media kredebel (media massa) agar mendapatkan informasi lebih akurat dan lebih baik.

upaya memerangi hoaks dan Informasi provokatif, agar turut berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat dengan menghadirkan berbagai narasumber diharapkan dapat memberikan pesan positif bagi kalayak Publik, melalui Dialog Interaktif bertema peran Milenial dalam menciptakan kondusifitas Daerah, ketika memberikan keterangtan dalam dialog interaktif di salah satu satation radio, Kamis (10/10), ungkapnya.

Berita Terkait