Hindari Hal Negatif Mahasiswa Dipacu Berbuat Positif di Masyarakat

Oleh Jams Aisoki

14 October 2019 07:01 992 VIew

''Wakil Dekan III Fakultas Pertaniaan, Herman Tubur''

Manokwari arfaknews - Kegiatan pembinaan Keorganisasiaan Mahasiswa Unipa diharapkan deapat memacu diri melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan guna menghindari berbagai hal negatif.

Wakil Dekan III Fakultas Pertaniaan, Herman Tubur menerangkan, Sebagai Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan baru dilantik, dirinya miliki komitmen untuk mengembangkan berbagai kegiatan bertujuaan menambah minat dan bakat berorganisasi bagi mahasiswa.

Ia pun mencoba inisiasi kegiatan ini, buat musyawarah Aliansi himpunan Mahasiswa Diploma III Perkebunan Unipa dengan tujuan melatih mahasiswa untuk berorganisas dan memberikan mahasiswa Pemahaman menghindari berbagai pengaruh Negatif". kata Herman, usai membuka kegiatan acara musyawarah mahasiswa Fakultas Pertaniaan Unipa, Sabtu, ( 12/10).

Dijelaskan berbagai dinamika paling banyak dilakukan kelompok muda, Pelajar, Pemuda dan Mahasiswa. baginya miliki peran positif harus dikelola secara baik.

Hari ini mahasiswa menjadi sorotan publik atas berbagai gejolak akhir-akhir ini dan mahasiswa adalah energy, jika dikelola dengan baik arahnya akan baik,  tetapi jika kurang optimal maka mereka bisa mengarah ke Anarkisme, penyebaran Hoaks, bahkan bisa sampai mengedarkan Narkoba". 

Menurutnya, Kegiatan pembinaan di tingkat Universitas merupakan hal yang harus dilakukan, agar bukan saja kita memberikan serangkaian materi Organisasi, tetapi memberikan pemahaman untuk meminimalirmsir hoaks, rasisme dan pengaruh penggunaan Narkoba, hampir sebagian besar dilakukan mahasiswa, ujarnya

Melalui kegiatan pembinaan yang baik dan terstruktur, diyakini mahasiswa punya waktu tersita dengan hal sifatnya positif, ketimbang hal negatif dengan ada kegiatan, sehingga ada tugas dan tanggung jawab harus dilakukan, sehingga mengalihkan perhatiaan untuk belajar. Paparnya.

Perkembangan terakhir ini, aksi pemalangan beberapa mahasiswa di tangkap, ditahan, dilihatnya memang tidak ada konektivitas antara organisasi kemahasiswaan dengan pihak Universitas terutama dibagiaan bidang kemahasiswaan. Hal inipun juga mungkin dirasakan Bidang Kemahasiswaan di Fakultas lain.

Kalau ada kegiatan-kegiatan pembinaan secara terstruktur ada wadah yang jelas, mereka bisa disalurkan aspirasi mereka ke pimpinan Universitas, agar kita bisa selesaikan berbagai persoalan di Unipa dengan cara yang tidak harus menghambat proses perkulihan.

Diharapkan dengan kegiatan pembinaan seperti ini, kita bisa saling konek, saling berbagi dan dapat memahami perasaan, serta kreatifitas mereka seperti apa, mewadahi mahasiswa melalui kegiatan pembinaan, sehingga ada wadah untuk menyalurkan Aspirasi, sebab jika disalurkan dengan baik bisa mengarah ke hal-hal yang tak diinginkan.

Kehadiran KNPI untuk memberikan mereka pemahaman, tetapi juga ada Fitbeck keluar. selain dalam waktu dekat bakal mengundang BNN  untuk memberikan pemahaman tentang bahaya Narkotika, tuturnya.

Kegiatan Pembinaan Mahasiswa Pertaniaan, Himpunan Mahasiswa DIII Pertaniaan, dihadiri wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi (OKK) KNPI Papua Barat, Wakil Dekan III Fakultas Pertaniaan di Aula Fakultas Pertaniaan Universitas Papua.

Berita Terkait