SKK Migas Beri Dukungan 42 Wartawan Ikuti UKW

Oleh Jams Aisoki

13 November 2019 06:12 555 VIew

''Para jurnalis yang mengikuti UKW di Sorong''

Kota Sorong arfaknews - SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, Kontraktor KKS bersama PWI, melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 24 Wartawan dari Papua Barat, berasal dari daerah penghasil migas, Kabupaten Sorong, Bintuni, Raja Ampat dan Manokwari,berlangsung 11-12 November 2019 di Kota Sorong.

Sebelumnya SKK Migas pada tanggal 4 dan 5 November 2019 lalu, telah selesai dilakukan UKW bersama PWI Maluku bagi 18 wartawan daerah berasal dari kabupaten/kota Penghasl Migas.

Kepala Departemen Humas SKK Migas, Galih W.Agusetiyawan menerangkan, Kegiatan ini didukungan secara masif kepada wartawan di wilayah Timur Indonesia dalam meningkatkan kompetensi profesi jurnalistik, sehingga mendapatkan apresiasi langsung dari Komisi Penguji PWI Pusat, Suwardi Thahir saat menyampaikan pembukaan acara UKW.

Wartawan daerah, terutama berada di daerah penghasil migas, merupakan stakeholder penting bagi keberlangsungan serta kelancaran kegiatan operasional hulu migas, sehingga kesesuaian standard dan kaidah jurnalistik bagi wartawan, diatur dalam UU Pers dan Kode Etiknya menjadi penting untuk dinyatakan lulus Uji Kompetensi tersebut.

SKK Migas berharap agar Peran advokasi bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan daerah untuk kelancaran operasional migas, bisa dijadikan jembatan penghubung sinergitas antara SKK Migas Perwakilan dan Wartawan di daerah.

Tentunya hal tersebut dapat terwujud dengan dukungan adanya pemberitaan yang berimbang atas kontribusi hulu migas ikut membangun masyarakat menjadi lebih mandiri dan memiliki daya saing, ujarnya.

 


Berita Terkait