Penggali Septic Tank, Temukan Ratusan Bom Jenis Artileri Terkubur di Tanah

Oleh Redaksi

18 November 2019 07:01 1296 VIew

''Pekerja SepticTank ketika menemukan Ratusan Bom berjenis Mortir, Selongsong peluru dan amunisi''

Manokwari arfaknews – Para penggali untuk membuat septic tank di kagetkan saat menggali tanah Sabtu (16/11) 2019 pukul 13. 30 Wit, terletak di kampung Mestip Arfai gunung sekitar 3 km dari jalan raya menemukan ratusan bom dan amunisi artileri diduga peninggalan perang dunia ke II.

Penemu Bom jenis Bom jenis Artileri, amunis dan selongsong amunis ini. Abdul Said (umur 34 tahun) mendapat laporean dari pekerja septic tank yakni Dominus Weya (umur 23 Tahun) mendapati amunisi sebanyak 226 buah, Detonator sebanyak 226 buah, Selongsong Amunis sebanyak 10 buah dan Proyektil sebanyak 1 buah.

Penemuan Bom artileri berbagai jenis bermul ketika enam orang pekerja sedang menggali septic tank dengan ukuran lebar 1, 5 m dan panjang 2 M, sebelah kanan rumah warga Matius Towansiba.

Di kedalaman 1, 5 m para pekerja menemukan amunisi artileri dengan panjang 56 cm dan diameter 2, 5 inci kemudian amunisi jenis bom artileri tersebut sudah sempat di keluarkan para pekerja sebanyak 59 buah.

Melihat adanya amunisi dalam lokasi penggalian dan kemudian tukang tersebut menggunakan kendaraan roda dua menuju ke bengkel guna menunggu anggota polri melintas untuk di laporkan, jika menemukan amunisi di lokasi penggalian septic tank.

Mendaptkan informasi, Brimob Polda Malut, Propam Polda Papua Barat dan Piket Dit Shabar, lalu menuju ke temoat ditemukannya BOm jenis artileri dan mengamankan lokasi mpenemuan BOm jenis artileri.

Tim gegana berjumlah 10 personil di Pimpin Aipda Yos Ngongadi tiba ditemukannya ratusn Bom berjenis Artileri dan selanjutnya kembali melakukan penggalian dan pengangkatan sebagian amunisi artileri diduga masih tertanam.

Dalam penggalian, tim gegana berhasil mengangkat amunisi artileri sebanyak 88 buah. tim gegana diperintahkan lagi untuk kembali melanjutkan penggalian sisa amunisi tersebut.

Hasilnya, tim gegana Brimob berhasil mengangkat seluruh amunisi tertanam ditanah sekitar 79 buah bersama sejumlah detonator.

Usai mengangkat seluruh Bom jenis Arteleri ini kegiatan penggalian, ratuisan Bom jenis artileri ini lalu diamankan ke Mako brimob untuk di selidiki, ujar Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey, melalui rilisnya ke awak media, Senin (18/11).

Berita Terkait