Dishut Papua Barat dorong Pengelolaan Sumber Daya Hutan Secara Proporsional

Oleh Redaksi

28 November 2019 07:01 97 VIew

''Foto bersama Peserta Penyuluhan Kehutanan di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, 13-14 November 2019. | Foto : dok arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com - Upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat mewujudkan Provinsi Pembangunan Berkelanjutan, terus digalakan dengan memberikan ruang partisiptif seluas-luasnya kepada Masyarakat, Pengusaha dan Pemerintah Daerah untuk terlibat secara langsung mengelola sumber daya alam secara bijak dan lestari.

Pembangunan Berkelanjutan dalam konteks konservasi memberikan ruang partisipasi kepada masyarakat dan pengusaha IPHHK di tingkat lokal untuk mengelola sumber daya hutan secara bijaksana dan berkelanjutan, hal itu sejalan dengan visi Provinsi Papua Barat sebagai Provinsi Konservasi.

Implementasi dari visi tersebut, Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, kemudian menggalakan penyuluhan Kehutanan di semua kabupaten di Papua Barat termasuk di Distrik Wasior, Kabuapten Teluk Wondama, pada tanggal, 13-14 November 2019.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Penyuluhan Kehutanan, Dinas Kehutanan Papua Barat, Indira K.A. Nagara, menegaskan, Untuk mewujudkan Papua Barat sebagai Provinsi Pembangunan Berkelanjutan, maka dibutuhkan dukungan dan partisipasi semua komponen masyarakat di Kabupaten Kota di Provinsi Papua Barat.

''Sebagai Instansi teknis yang membidangi pengelolaan sumber daya hutan di Provinsi Papua Barat, Dishut Papua Barat, berkewenangan menjaga dan mengelola Sumber Daya Hutan (SDH) secara berkelanjutan,'' kata Indira.

Menurutnya, untuk mencapai visi Papua Barat sebagai Provinsi pembangunan berkelanjutan, maka pemerintah memberikan ruang partisipasi secara proporsional kepada masyarakat dan mitra untuk menjaga dan mengelola sumber daya hutan sesuai visi pembangunan berkelanjutan di Provinsi Papua Barat.

Berita Terkait