Lebang: Pejabat Manokwari Belum Siap Terbuka

Oleh James Aisoki

09 December 2019 19:01 272 VIew

''Kepala Bidang Pelayanan informasi dan Dokumentasi, PPID Utama Kabupaten Manokwari, Johanis Ada Lebang memberikan materi dalam Workshop KIP''

Manokwari, Arfaknews.com- Pejabat di Kabupaten Manokwari, dinilai belum terbuka kepada publik. Terutama terkait laporan kinerja. Padahal sesuai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, 40 persen kinerja aparat harus disampaikan ke publik. Baik melalui press release, pemasangan papan informasi ataupun melalui layanan PPID.

Kepala Bidang Pelayanan informasi dan Dokumentasi, PPID Utama Kabupaten Manokwari, Johanis Ada Lebang mengakui ada sejumlah kendala terkait hal ini. Mulai dari minimnya sumber daya pengelola, fasilitas pendukung maupun komitemen pejabat.

Meski begitu, menurut Lebang Pemerintah Manokwari terus berupaya menyediakan dokumen yang bisa diakses publik. "Bupati berkomitemen untuk transparan. Dokumen publik mudah diakses. Namun, komitmen ini belum sepenuhnya dilakukan pejabat. Mereka belum siap "menelanjangi" dirinya dengan membuka informasi bagi masyarakat. Terutama dokumen berdasarkan klasifikasi berkala, serta merta juga informasi yang dikecualikan sesuai undang-undang," ujar Lebang disela-sela Workshop Komisi Informasi Publik, di salah satu Hotel di Manokwari, Senin (9/12).

Lebang menambahkan, saat ini sumber daya berupa tenaga operator komputer, kearsipan maupun kehumasan termasuk fasilitas sekretariat layanan belum lengkap. Selain itu, PPID teknis di tingkat OPD juga belum maksimal dalam menyediakan informasi publik. “Kami berharap dukungan dan komitemen dalam menyediakan informasi kepada publik,” tambah Lebang.   


Berita Terkait