Tak Kantongi Izin, WPNA Batal Gelar Aksi

Oleh James Aisoki

10 December 2019 18:01 180 VIew

''Massa WPNA batal gelar aksi karena tidak kantongi izin''

MANOKWARI, Arfaknews.com- Sekelompok orang yang  menamakan diri  West Papua Nasional Authority (WPNA) berencana menggelar aksi  memperingati HAM Internasional.  Dalam aksinya, mereka menuntut penuntasan Kasus Pelanggaran HAM di Papua.

Gubernur West Papua Nasional Authority wilayah Doberay, Markus Yenu mengatakan aksi ini untuk pemerintah menyelesaian sejumlah persoalan pelanggaran HAM “ Aksi hari ini kita memberikan mosi tidak percaya agar negara mengubah pola pendekatan kepada masyarakat," kata Yenu, Selasa (10/12).

Yenu juga menyoroti tindakan aparat kala menangani sejumlah aksi di Papua. Rencananya, massa akan menggelar aksi ke Kantor LP3BH. Namun aksi itu urung digelar karena tidak mendapat izin aparat.

Sementara Kapolres Manokwari, AKBP. Deddi Foury Millewa, yang dikonfirmasi mengakui tidak mengizinkan digelarnya aksi. Deddi berkilah,  aksi tersebut dikuatirkan menganggu stabilitas keamanan di Manokwaari.  Selain itu, massa baru menyampaikan  surat izin sehari sebelum aksi. "Sesuai aturan, minimal 3x 24 jam surat pemberitahuan aksi sudah disampaikan,” terang Deddi.

Alasan lain menurut Deddi adalah, WPNA tidak terdaftar di kesbangpol Kabupaten Manokwari.  “Ini yang jadi alasan, kami tidak menerbitkan izin," ungkap Deddi.


Berita Terkait