Papua Barat Terancam Gunakan APBD 2019

Oleh James Aisoki

13 December 2019 12:08 487 VIew

''Sekda Papua Barat, Nataniel Mandacan''

MANOKWARI-Arfaknews.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat, terancam kembali memakai APBD 2019. Hal ini menyusul belum dibahasnya rancangan APBD 2020 antara eksekutif dan legislatif.

Sekretaris Daerah Papua Barat, Nataniel Mandacan mengungkapkan ada sejumlah persoalan yang menyebabkan pembahasan belum dilakukan. Salah satunya adalah eksekutif belum menyerahkan dokumen Kebijakan Umum APBD dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) kepada dewan.  

"Keterlambatan terjadi karena  berbagai tugas-tugas kedinasan sehingga OPD lambat menyerahkan rencana anggaran kegiatan. Nanti waktu sudah mau mepet baru ngebut-ngebut," keluh Mandacan. 

Alasan lain, ungkap Mandacan adalah penetapan APBD Perubahan 2019 yang baru dilakukan pertengahan November 2019. Akibat kondisi tersebut, dikhawatirkan pemerintah tidak bisa mengusulkan APBD 2020. Sehingga tahun depan, pemerintah akan menggunakan APBD 2019. 

Meski begitu, Mandacan berharap seluruh perangkat daerah dalam beberapa hari ke depan bisa menyelesaikan usulan anggaran dan kegiatannya. “Ada Dinas Pekerjaan Umum yang belum. Harapannya tanggal 16 atau 17 Desember KUA PPAS sudah bergeser ke DPR,” harap Mandacan.


Berita Terkait