Desember 2019, 3 Anggota TNI dan 1 Brimob Gugur di Papua

Oleh Redaksi

31 December 2019 10:02 627 VIew

''Dua anggota TNI korban penembakan KKB yang dievakuasi dari Intan Jaya''

Manokwari, Arfaknews.com- Akhir 2019, akan jadi catatan kelam bagi TNI dan Polri yang bertugas di Papua. Dalam kurun waktu belum sebulan saja, tiga personel TNI dan seorang anggota Brimob Polda Riau gugur.

Peristiwa pertama terjadi saat Satgas Tindak Nemangkawi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua terlibat kontak senjata dengan KKB pada 17 Desember 2019. Akibat peristiwa ini, dua Anggota TNI, Lettu Inf. Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda. Rizky meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Selasa siang sekitar pukul 14.37 sekelompok orang menyerang anggota satgas yang sedang bertugas. Satu jam terjadi kontak senjata, dua personel dari Nanggala 15 dilaporkan terkena tembakan. Setelah sempat dirawat, sore hari kedua personel dinyatakan meninggal dunia.

Sehari berselang, atau pada 18 Desember 2019 Satu Brimob Polda Riau yang bertugas di Yahukimo, Papua, Brigadir Hendra Saut Sibarani meninggal setelah dianiaya sekelompok orang. Selain satu korban meninggal keributan atar warga dan aparat ini juga menyebabkan sejumlah polisi terluka. Peristiwa ini berawal dari keributan yang diterjadi di sekitar Mapolres Yahukimo. Kericuhan kemudian meluas ke wilayah Pasar Lama. Almarhum Hendra Sibarani yang kebetulan melintas, dicegat dan dikeroyok sekelompok orang. Meski sempat dirawat di rumah sakit, namun pukul 14.20 Waktu Indonesia Timur, Brigadir Hendra Saut Sibarani dinyatakan meninggal dunia.

Kejadan ketiga, terjadi dua hari jelang pergantian tahun. Serda Miftachur Rohmat dari Yonif 731/ ST meninggal dunia setelah terjadi kontak senjata dengan kelompok bersenjata pada Senin (30/12) di perbatasan RI-PNG. Selain korban meninggal, Prada Juwandhy Ramadhan mengalami luka tembak di bagian pelipis kanan. Peristiwa ini bermula saat sejumlah personel Pos Bewan Baru dari Yonif 731/ST berangkat mengambil logistik di Pos Kali Asin. Namun di tengah jalan, mereka dicegat sekelompok orang saat tiba di Jembatan Kayu.

Sebelum sejumlah peristiwa yang menyebabkan gugurnya anggota TNI dan Polri pada Desember  2019, beberapa kejadian serupa juga terjadi tahun ini.


Berita Terkait