Jelang Sensus, BPS Papua Barat akan Rekrut 3.400 Relawan

Oleh Pato Maniani

16 January 2020 11:02 245 VIew

''Kepala BPS Papua Barat, Maritje Pattiwailapia ''

MANOKWARI, Arfaknews.com- Badan Pusat Statistik Papua Barat akan merekrut 3400 relawan tahun ini. Rekrutmen ini  dilakukan untuk mendukung Program Mencatat Indonesia yang dimulai Juli 2020 mendatang.

Pengumuman penerimaan relawan sendiri baru akan dillakukan Maret 2020 mendatang. Relawan yang akan diterima, berasal dari jenjang pendidikan berbeda. Mulai dari sarjana hingga SMP. “Mereka akan dilatih khsusus jika yang bersangkutan memiliki kualitas yang bagus akan diambil," ucap Kepala Badan pusat Statistik (BPS) Papua Barat, Maritje Pattiwailapia, Kamis, (16/01).

Para relawan tersebut, nantinya akan dikontrak selama sebulan. Mereka yang diterima, akan dikirim ke sejumlah daerah hingga pelosok untuk melakukan sensus penduduk. Seluruh petugas yang diterima, diharapkan sudah berada di kampung-kampung pada April mendatang.

Terkait sensus yang akan dilakukan, Maritje mengatakan, sebelum data diambil, terlebih dahulu pihaknya memastikan keberadaan masyarakat di tempat tinggalnya masing-masing. “Kami imbau masyarakat tidak meninggalkan rumah pada Juli mendatang. Sehingga bisa membantu relawan mengambil data,” harap Maritje sembari meminta masyarakat menyiapkan berkas kependudukannya masing-masing.


Berita Terkait