Bawaslu Ingatkan Kepala Daerah di Papua Barat Tidak Melibatkan ASN Dalam Pilkada

Oleh James Aisoki

26 January 2020 22:05 518 VIew

''Anggota Bawaslu RI, Divisi Penyelesaian Sengketa, Rahmat Bagja''

Manokwari Arfaknews- Memasukai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Papua Barat, Bawaslu mengingatkan sejumlah Kepala Daerah untuk tidak melibatkan ASN dalam aktivitas Pilkada.

Akativitas dari ASN di ingatkan Bawaslu agar tidak dilanggar yakni mengikuti serangkaian pertemuan politik maupun kampanye politik, sebab hal tersebut akan mencoreng citranya sebagai abdi negara yang melayani masyarakat.

Anggota Bawaslu RI, Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja, dalam kunjungannya ke Manokwari, Sabtu (25/01/2020) mengikuti Acara Sosialisasi kepada Panwascam di Manokwari, Bawaslu akan melakukan pemantauan aktivitas ASN di setiap Kabupaten/Kota agar tidak terlibat dalam aktivitas politik praktis.

Bawaslu pun akan menindak tegas ASN yang melanggar, serta dalam kampanye pun tidak ada Mobil berplat merah ikut kampanye, kecuali mengawasi kampanye, Ucapnya.

jika ada temuan dilapangan, Bawaslu akan mendalami dan membuat kajian serta merekomendasi kepada Komisi Aparatur Negara dan Komisi Aparatur Negara. Lalu meneruskan ke Pejabat Bina Kepegawaian,  Namun jika tidak dilaksanakan maka ada Mendagri akan melakukan suversi terhadap Pilkada di  Pemerintahan Pusat.

Bupati atau Wali Kota diminta jangan mencampuri ASN dan melibatkannya dalam aktivitas Politik yang nantinya bakal menggangu kenetralan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara, tegasnya.


Berita Terkait