Papua Barat Indeks Kerukunan Umat Beragama Tertinggi di Indonesia

Oleh James Aisoki

07 February 2020 11:08 1354 VIew

''Gubernur Papua Barat ketika memberikan sambutan di HUT PI ke 165 di Pulau Mansinam ''

Manokwari arfaknews - Provinsi Papua Barat menduduki urutan pertama Se-Indonesia sebagai provinsi paling rukun dan toleran dalam kehidupan beragama.

Hal ini dlontarkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan berdasarkan hasil survei Tim Independen Kerukunan Umaat Beragama di Seluruh Indonesia, Papua Barat menduduki urutan Pertama dari 34 propinsi di Tahun 2019

Berdasarkan hasil survey tim independen, Indeks Kerukunan di Indonesia, Papua Barat menempati urutan I (pertama) dengan skor poin, 82,1 Persen, Sementara diurutan ke II ditempati  NTT, dan urutan Ke III, Bali, urutan ke IV, Sulawesi Utara, ke V, Maluku dan VI, Papua di Tahun 2019, kata Dominggu dalam perayan HUT PU ke 165 di Mansinam, Rabu (5/2/2020).

Dilihat 2017 lalu Papua Barat berada pada urutan I, namun di Tahun 2018 menegalami penurunan peringkat II, pada Tahun 2019 Papua Barat kembali urutan I. Dengan itu, daerah lain di Indonesia harus belajar dari Papua Barat dari Tanah Papua untuk kerukunan Umaat Bergama.

Gubernur mengajak semua warga,  agar menjaga persatuan dan kesatuan, agar bisa hidup rukun damai antar semua suku, ras, Budaya, agama, etinis Agama, Bahasa, untuk terus memupuk persatuan dan menjaga kedamaian.

Selain itu Gubernur pun menghimbau ke seluruh lapisan masyarakat di papua barat dan papua Papua untuk tidak mengkonsumsi Miras, Narkoba, menjahukan diri dari bahaya HIV Aids.


Berita Terkait