Di 2021 Jembatan Penghubung Kwawi-Mansinam Bakal Terbangun

Oleh Pato Maniani

11 February 2020 05:02 411 VIew

''Manokwari arfaknews - Direncanakan Kementerian PUPR bakal membangun Jembatan Penghubung anatara Kwawi menuju ke Pulau Mansinam di Tahun 2021 mendatang.''

Manokwari arfaknews - Direncanakan Kementerian PUPR bakal membangun Jembatan Penghubung anatara Kwawi  menuju ke Pulau Mansinam di Tahun 2021 mendatang.

Hal itu sampaikan Wakil Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI), Jhon Wempi Wetipo saat melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Senin (10/2/2020) proposal pembangunan Jembatan Penghubung Kwawi -Mansinam  ini  dilontarkan Gubernur Papua Barat  saat pereayaan HUT PI ke 165 Tahun 5 Februari 2020 di Pulau Mansinam lalu.

Pembangunan jembatan Kwawi-Mansinam telah  menjadi pembahasan bersama Menteri PUPR, dimana Kunjungan saat ini merupakan keseriusan pemerintah pusat atas aspirasi masyarakat di tanah Papua diusulkan Pemerintah Provinsi Papua Barat di HUT PI Ke 165.

Pemerintah meminta Balitbang melalukan kajian, sehingga adanya kajian ini, kita segera mendorong konsultan melakukan desain perencanaan jembatan penghubung, diharapkan terlaksana tahun ini agar progres pembangunan bisa kita laksanakan tahun depan, terangnya.

Untuk Lokasi strategis, Wamen menerangkan tiga alternatif lokasi rencana pembangunan jembatan itu, yakni Inggandi Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 1,4 KM, kedua Biriyosi-Pulau Lemon-Pulau Mansinam dengan jarak 2,3 KM dan Pasir Putih Kuburan-Pulau Mansinam 1,1 KM"

Tim Balitbang bersama Balai BPJN Papua Barat akan mempertimbangkan ketiga lokasi efektif  dalam membangun jemnbatan, serta pertimbangan rute kapal melalui bawah jembatan serta sisi pembiayaan dan dampak lingkungannya, paparnya.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pelepasan hak ulayat Tanah adat untuk pembangunan Jembatan Penghubung Kwawi Mansinam.

Ketika pemerintah pusat melakukan pembangunan di daerah, maka kita di daerah berkewajiban untuk mempersiapkan lokasi lahannya, jelasnya.

Wamen PUPR  beserta Rombongan didampingi Gubernur Papua Barat, Ketua DPR Papua Barat, Wakil Ketua I MRP Papua Barat, Dandim 1801 Manokwari, dan Kepala Dinas PU Papua Barat, lalu berkunjungan ke Pulau Mansinam mengecek lokasi Pembangunan Jembatan penghyubung Kwawi-Mansinam.


Berita Terkait