Batik Papua Diganrungi Wisatawan Lantaran Motifnya Unik

Oleh Redaksi

13 February 2020 14:05 1198 VIew

''Ornamen batik papua''

Manokwari arfaknews - Lantaran motifnya unik diantara sejumlah batik yang ada di Indonesia, batik papua banyak diganrungi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk membeli batik ini sebagai oleh-oleh dan cendramata.

 

Keunikan batik papua lantaran menggambarkan corak sejumlah kerajianan khas Papua berupa satwa dan salah satunya burung cendrawsih, serta kerajinan tangan berupa Tifa, rumah adat honai dan rumah adat kaki seribu dari suku arfak di Manokwari Papua Barat.

Wisatawan lokal maupun pejabat negara ketika berkunjung ke Papua Barat, selalu mencari oleh-oleh batik papua untuk diberikan pada keluarga maupun kerabat serta cendramata.

Salah satu Pengunjung Toko Batik Papua, Erna Robertina, Batik Papua diganrunginya selain cantik dan indah dipandang mata, batik ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh dan cendramata, ungkapnya.

Para ASN dan warga masayarakat pun mengganrungi batik papua ini, sebab digunakan berkantor lantaran pemerintah telah mencanangkan setiap kamis diwajibkan mengenakan batik Papua guna pelestarian budaya.

Toko penjulan Batik Papua terletak di jalan Jendral Sudirman Manokwari, Papua Barat, sering ramai dikunjungi para pembeli, namun keramaian memuncak disaat mudik lebaran maupun mudik natal atau ada kegiatan pesta budaya adat papua.

Berbagai variais batik papua dijual di toko tersebut berupa kemeja batik papua untuk dewasa maupun anak-anak, aneka tas dan sepatu, serta beberapa kerajinan ukiran tangan seperti noken dan lukisan dindin bermotif papua.

Kisaran harga dijual di toko oleh-oleh batik Papua cukup bervariasi, dari harga Rp 35.000 hingga Rp 4.000.000 tergantung motif dan bahan yang digunakan.

Sayangnya batik Papua masih diproduksi diluar, mengingat sulitnya mendapatkan bahan baku berupa kain dan pewarna tulisan sebagai bahan dasar untuk membuat batik. sehingga pemilik toko hanya memgirim motif yang keinginan para pemesan.

Pekerja toko batik papua, Atika mengatakan Batik Papua diminati pembeli dari luar Papua hingga wisatawan macananegara ketika berkunjung ke manokwari, serta lokal sendiri datang untuk membeli batik papua sebagai oleh oleh dan kebutuhan pribadi, terangnya.


Berita Terkait