Ombusman Pertanyakan Legalitas Kampus FKIP Mansel

Oleh James Aisoki

17 February 2020 05:03 335 VIew

''Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat, Musa Sombuk''

Manokwari arfaknews -Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat pertanyakan terkait Legalitas Kelas Jauh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Papua berada Kabupaten Manokwari Selatan

Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat, Musa Sombuk menyayangkan sikap dari Rektor Unipa tidak menanggapi surat Ombudsman mempertanyakan legal formal kampus FKIP  tersebut.

Meski FKIP sudah di resmikan, namun Ombusman masih memprtanyakan Legal Formal seperti apa Kelas Jauh Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan di Manokwari Seletan, apakah ada usulan senat mendapatkan ijin Kemenrisetdikti atau tidak, kata Musa, ketika ditemuai belum lama ini.

Menururnya, berdasarkan Kemenrisetdikti Nomor 51 Tahun 2018 jelas mengatur tentang pembukan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) harus mendapat ijin Kemenrisetdikti, terkait Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terletak di Gunung Salju Amban merupakan Kampus Utama, sehingga kelas jauh terletak di Mansel harus mendapat persetujuan dan atau Ijin dari Menteri, terkecuali FKPI di Mansel berdiri sebagai salah satu Fakultas tersendiri, ungkapnya.

Sedangkan Masa Sementer I dan III disana, sementer IV-VIII di Kampus Utama, sehingga Ombusman dua kali telah melayangkan surat mempertanyakan Rektor, namun hingga kini surat tidak ditanggapinya, sehinggamelihat rektor berpotensi melakukan maladministrasi.

Sebagai lembaga pengawas Publik, di ingin agar masyarakat, mahasiswa dan dosen tidak dikorbankan lantaran kampus FKIP Mansel tidak miliki legal formalnya.

terpisah, Rektor Unipa melalui Kepala Bagian Humas Unipa, Michael Ibo menjelaskan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan direncanakan dipindahkan ke Manokwari Selatan sebagai salah satu Fakultas Unipa.

Di Tahun 2020  ini, akan dilakukan pemindahan secara bernjenjang dan secara bertahap sesuai MOU antara pihak Unipa dan Pemintah Manokwari Selatan. sesuai dengan kelengkapan sarana-prasananya.

Ijin Fakultasnya sudah ada, namun tempatnya di Kampus Utama Jalan Gunung Salju Unipa, sedangkan angkatan 2019 Fakultas FKIP ke Mansel, sudah melakukan aktivitas belajar mengajar, terangnnya.


Berita Terkait