Kepala Daerah di Papua Barat Diminta Wujudkan Pembangunan Daerah Pesisir

Oleh James Aisoki

22 February 2020 02:05 722 VIew

''Kegiatan Lokakarya dilaksanakan di kantor Gubernur Papua Barat''

Manokwari arfaknews - Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di daerah pesisir, maka para Bupati/Walikota sepapua Barat diminta Melalui Lokakarya Pembangunan Bekelanjutan Nomor 14 di Papua Barat, diharapkan terbentuknya rencana kemitraan strategis

Direktur Kebijakan Rare, Arwandrija Rukma Selasa (18/2/2020) menjelaskan, pihaknya sebagai fasilitator lokakarya kemitraan Bupati / WaliKota di daerah Pesisir, untuk tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 14 di Provinsi Papua Barat, difasilitasi  Bappeda Papua Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan serta Balitbangda, diharapkan terbentuknya kemitraan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan daerah pesisir.

Komitmen pemprov Papua Barat sebagai provinsi pembangunan berkelanjutan, telah menunjukan tekat kuat dan serius untuk menjadi provinsi pembangunan berkelanjutan, bahkan telah mengaturnya dalam perdasus.

Melihat pengembangan program yang ada akan lebih optimal dampaknya jika para Bupati dan Walikota bermitra sehingga adanya kegiatan kongkrit agar kontribusi positif dengan peran straregis bisa ditingkatkan.

Dijelaskan melalui lokakarya ini, pembangunan berkelanjutan nomor 14 berfokus ke Daerah pesisir dapat disosilasasikan, sehingga peran strategis dapat dilaksanakan Kepala Daerah.

Peran strategis dan kontribusi postif tersebut bisa diefektifkan jika mereka menjalin kemitraan sehingga ada forum untuk berkordinasi bersinergi dan saling belajar, menunjukan program unggulan sehingga manfaat kongkrit bisa dirasakan dan memajukan masyarakat dan nelayan pesisir.

Kita ingin mendekati isu ini secara menyeluruh dari semua sektor, walaupun menjadi leading sektor adalah Dinas Kelautan dan Perikanan tapi kita tidak ingin Dinas perikanan saja,  membutuhkan dukungan dari Bappeda, Balitbanda dan Dinas lingkungan hidup, Harapnya.

Adanya pelaksanaan kemitraan dalam menyiapkan rencana kerja sehingga pertemuan kemitraan secara berkala, melalui evaluasi program unggulan dari masing-masing daerah bisa terwujud.

Kabid Ekonomi dan Sumberdaya alam, Bappeda Papua Barat, Jefri Noxon menjelaskan Pemerintah Papua Barat mendukung Pembangunan berkelanjutan dalam kemitraan, sebab merupakan bagian dari visi misi Gubernur dalam membirukan langit dan menghijaukan Bumi.

diharapkan OPD teknis dari setiap daerah yang hadir dapat melapor kepada pimpinan daerahnya baik bupati/Wali kota agar misi ini berjalan sesuai harapan.

Dua minggu dari sekarang sudah dapat informasi dari kabupaten kota. Disertai pula mempersiapkan SK Gubernur dan dengan materi yang ada dan bakal menyurati kepala daerah di setiap Kabupaten/Kota di Papua Barat, serta mengusulkan program dalam perencanaan melalui rakornis dan musrenbang nantinya, serta menggotong program ini dalam raker bupati, jelasnya.


Berita Terkait