Bawaslu Manokwari Setujui Gugatan Dokumen Romansa

Oleh James Aisoki

12 March 2020 05:03 175 VIew

''penandatanganan hasil putusan Bawaslu Manokwari ''

Manokwari arfaknews - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manokwari menyetujui berkas sengketa pemohon bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, Ronald Mambieuw dan Eunike E. Musa dalam Sidang Putusan Sengketa Pemilu di Bawaslu Manokwari, Selasa (10/03/2020).

Melalui berkas Sengketa Pemilu didaftarkan Pemohon di Bawaslu Manokwari 26 Februari 2020 lalu, Pasangan Calon Ronald Mambieuw dan Eunke E. Misa, menggugat KPU Manokwari dinilainya telah melakukan tindakan tahapan verfikasi dalam pemeriksaan berkas dokumen Paslon di KPU Manokwari 23 Februari 2020.

Dalam amar putusan Sengketa Pemilu, Pimpinan Sidang Bawaslu Manokwari, Syors A. Prawar menerima permohonan pemohon dan membatalkan berita acara KPU tentang hasil pengecekan pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Tahun 2020.

Bawaslu pun memerintahkan pemohon untuk melengkapi syarat jumlah dukungan dan sebaran dengan melengkapi B.1.1-KWK perseorangan dan B.2-KWK Perseorangan berdasarkan Silon.

Selanjutnya Bawaslu memerintahkan termohon untuk melengkapi syarat dukungan dan sebaran berdasarkan B.1-KWK perseorangan terhadap B.1.1-KWK Perseorangan dan B.2-KWK Perseorangan, serta memerintahkan Termohon untuk memberikan akses sistem informasi Pencalonan (Silon) Kepada Pemohon.

Komisionar KPU Divisi Hukum, Herry Lolo menjelaskan pihaknya akan menggelar pleno untuk menindaklanjuti hasil putusan Bawaslu Manokwari, sebab Tindakan dilakukan KPU sudah sesuai mekanisme dan prosedur, tapi mungkin bawaslu melihat dari sisi hukum lain, berdasarkan batasan waktu 3 hari yang diberikan, KPU akan melakukan pleno bersama Komisioner lainnya sebelum mengambil langkah selanjutnya, Kata Herry


Berita Terkait