Meminimalisir Kerawanan Pilkada 2020, Bertumpu Pada Panwas Kampung

Oleh James Aisoki

25 March 2020 02:03 28 VIew

''Suasana Pelantikan Panwas Kampung Distrik Manokwari Barat''

Meminimalisir Kerawanan Pilkada 2020, Bertumpu Pada Panwas Kampung

Manokwari arfaknews - Pengawas Kelurahan dan Kampung Distrik Manokwari Barat menjadi ujung tombak dilapangan dalam mememinimalisir kecurangan pilkada 2020

diharapkan Panwas Kampung dan Kelurahan berkeja Profesional dan independen dalam melalukan pencegahan dan penindakan dalam Pilkada bakal berlangsung  23 September 2020 mendatang.

Ketua Panwas Distrik Manokwari Barat, Samaudin Renuat, mengatakan dinamika pemilu di Indonesia terus berubah berdampak pada peruhan nomenklatur baik UU, PerKPU, PerBawaslu maupun perubahan institusional.

Sebelumnya tidak ada Panwas Kampung, Keluaran dan TPS namun dalam Pilkada saat ini sudah ada, bertujuan agar dapat meminimalisir tingkat kerawanan pemilu ditingkat Kelurahan dan Kampung/ Desa.

Distrik Manokwari Barat menjadi barometer untuk distrik lainnya di Manokwari, sebab Manokwari Barat memiliki jumlah DPT dan Luas Wilayah yanh cukup luas. Evaluasi Pileg 2019 kemarin menjadi hal harus diperhatikan dalam melakukan langkah pencegahan dan penindakan.

Jumlah DPT Manokwari Barat sekitar 74 Ribu, dengan sebaran wilayah cukup luas, oleh  karena itu Panwas Keluaran dan Kampung menjadi ujung tombak Masyarakat, sehingga harus bekerja cerdas dan bertindak tegas.

Panwas Kelurahan dan Kampung dan Panwas TPS akan akan bersentuhan langsung dengan akar rumput, karena itu harus bekerja profesional dan independen, kata Renuat, usai melantik 6 Anggota Panwas Kelurahan dan 4 Kampung  di Distrik Manowari Barat, Kamis (19/3/2020).

Setelah pelantikan, Panwas kelurahan dan Kampung segara mengikuti Bimtek fungsionaris di Bawaslu Manokwari, jangan lupa melakukan ke kemitraan dengan PPD guna melakukan langkah pencegahan dini.

Sekretaris Distrik Manokwari Barat, Isak Waramuri menambahkan, Panwas secara berjenjang harus melakukan kordinasi dan kemitraan dengan Pemerintah guna bersinerji dalam melaksanakan pemilu yang adil, jujur, langsung dan bermartabat, jelasnya.


Berita Terkait