Bupati Manokwari Surati Gubernur, Minta Pelabuhan dan Bandara Tutup

Oleh Redaksi

28 March 2020 00:05 330 VIew

''Bupati Manokwari ketika melakukan kunjungan ke Pelabuhan Laut Manokwari kesiapan tim penanganan covid 19''

Manokwari arfaknews - Bupati Manokwari layangkan surat resmi ke Gubernur Papua Barat, untuk mencegah masuknya covid 19 ke Manokwari agar Bandara udara Rendani dan Pelabuhan laut Manokwari, agar di tutup sementara waktu.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan, ketika ditemui awak media, Kamis (26/03/2020) meminta Gubernur Papua Barat untuk menutup akses Transportasi berupa pelabuhan dan banadara tempat masuknya warga luar ke Manokwari, selama 14 hari masa isolasi.

Menurutnya, penutupan pelabuhan dan bandara sementara selama masa pemuliuhan , hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di Masyarakat Manokwari.

Surat permohonan sudah dikirimkan ke Gubernur Papua Barat, namun Keputusan dan Kewenangan ada ditangan Gubernur, pemda Manokwari menyurati berdasarkan aspirasi dari kalangan masyarakat,kata Demas.

Dalam surat permohanan, pemerintah hanya menutup jalur transportasi datangnya warga untuk sementara waktu, sedangkan akses barang melalui kapal Barang dan Kargo pesawat tetap berlanjut.

Pentutupan ini tidak secara keseluruhan, untuk kapal penumpang yang ditutup, sedangkan cargo Bandara dan kapal barang tetap beroperasi dan tidak dilakukan penutupan,  ujarnya.

Ketidak pahaman warga ini pun jadi pertimbangan pemerintah Manokwari guna melakukan penutupan,  mereka tidak dapat membedakan ODP dan PDP, sehingga kalau satu orang ODP sudah ditanggapinya begitu berlebihan, sehingga harus ada langkah pencegahan efektif, jelasnya.

Sebelumnya solidaritas Warga Manokwari  belum lama ini menggelar aksi, menuntut pemerintah Papua Barat segara menutup akses transportasi Laut dan Udara, guna mencegah penyebaran virus Corona di Papua Barat, berlangsung disekretariat Satgas Covid 19. Rabu (25/3/2020)

Kordinator Solidaritas Warga Manokwari,  Adolof Tapilatu meminta  Pemerintah Provinsi Papua Barat segera menutup akses Bandara dan Pelabuhan guna mencegah penyebaran virus Corona.

Serta mendukung Gubernur dan Bupati dalam mengelola sektor jasa, perhotelan, cafe, pasar dan restoran, pemangkas rambut beroperasi sesuai jadwal ditetapkan pemerintah.


Berita Terkait