Belum Ada Warga di Manokwari Positif Terpapar Virus Corona

Oleh Redaksi

03 April 2020 14:09 2514 VIew

''Ilustrasi virus corona''

Manokwari arfaknews – Satgas covid 19 Papua Barat membeberkan, jika di Manokwari dan daerah sekitarnya kecuali kota Sorong, belum ditemukan adanya warga masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan ( PDP) terpapar Virus Corona.

Hal ini dilontarkan Juru bicara tim penanganan Covid-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap, ketika dihubungi via posel Jumat (03/04/2020) mengatakan sejak mewabahnya virus corona di dunia hingga masuk ke indonesia dan menjalar ke sejumlah daerah lainnya, untuk Manokwari dan dearah sekitarnya terkecuali kota Sorong, belum ditemukan adanya ODP maupun PDP positif terpapar Virus Corona, semuanya masih masuk dalam kategori negatif .

Dijelaskan warga masuk dalam kategori ODP merupakan baru datang dari daerah terpapar virus corona mendapatkan keluhan ringan mengalami panas dan batuk pada saluran pernafasan bagian atas tenggorkan, masuk kategori orang dalam pemantauan.

Sedangkan warga mengalami keluhan lebih berat, seperti panas dan batuk pada saluran pernafasan bagian atas tenggorkan di masukkan dalam kategori sehingga dirawat di rumah sakit, masuk dalam ketegori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Untuk mengetahui apakah pasien ini terpapar virus atau tidak tim satgas covid 19 yang melakukan pengawasan mengambil sampel pasien yang akan dikirim laboartorium di jakarta, jika dalam pengambilan sampel dan hasilnya negatif, keluhan pasein tersebut dianggap gugur terpapar virus corona dan hanya mengalami gejala penyakit lainnya, terangnya.

Sementara ini pemerintah terus menggalakkan sosialisasi ke warga Papua Barat untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini, menghimbau warga agar mematuhi anjuran pemerintah yakni berdiam diri dan beraktivitas di rumah, jangan keluar rumah jika tidak mendesak, jaga jarak sekitar satu hingga dua meter, serta membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun, hingga melarang warga saling bersentuhan, serta membiasakn diri memaki masker.


Berita Terkait