Sumur Warga Tercemar, Diduga Pipa Bak Penampung Pertamina Manokwari Bocor

Oleh James Aisoki

15 April 2020 03:10 890 VIew

''Air sumur warga yang sudah tercemar''

Manokwari arfaknews – Sejumlah warga Kompleks Sanggeng  Manokwari resah, lantaran sumur mereka tidak dapat digunakan lagi lantaran tercemar, diduga adanya kebocoran brasala dari Pipa Bak Penampung Limbah di Fuel Terminal Pertamina Manokwari, di Jalan Tri Kora Wosi Manokwari.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari, Yonadab Sruan menerangkan dalam rilisnya diterima senin (13/04/2020) adanya kebocoran ini hingga menyebabkan air sumur warga tercemar, diduga adanya kerusakan pada Pipa Bak Penampung limbah tengki Timbun (Tank Cleaning) di Fuel Terminal Pertamina Manokwari.

dari hasil pengamatan DLH dua hari belakangan ini, ditemukan dugaan adanya pencemaran limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) pada air Sumur warga biasanya digunakan untuk kebutuhan keseharian warga, kini sudah bercampur minyak hingga berbau dan mengeluarkan gas pada 04 April 2020 lalu.

Sebanyak 6 sampel  telah diambil dari 17 Sumur warga, sambil berkomunikasi dengan sampel telah diambil pihak PT. Pertamina untuk dilakukan uji bersama di Laboratorium pusat penelitian Lingkungan hidup Universitas Negeri Papua Manokwari.

Selain itu Kabid Pengendalian, Pencemaran, Kerusakan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati, Johanis Ada Lembang mengungkapkan ketika sumur warga terkena bahan B3, maka air sumur tidak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan keseharian warga hingga 20 tahaun kedepan lantaran sudah terkontaminasi.

Diharapkan Pihak Pertamina menjawab keresahan warga, agar mengambil solusi untuk segera menyediakan sarana air bersih bagi warga yang sumurnya tercemar, serta menutup sumur yang sudah tercemar tersebut lantaran tidak dapat digunakan lagi.

PT Pertamina perlu memberikan tanggung Jawab Sosial CSR berupa pemulihan lingkungan maupun pemulihan ekonomi bagi warga akibat kerugiaan telah ditumbulkan, jelasnya.

Langkah penanganan telah diambil pihak PT. Pertamina dilapangan yakni telah menyediakan bak air bersih (profil tank1.200 liter ) bagi warga.


Berita Terkait