14 Rumah Sakit di Papua Barat Disiapkan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid 19

Oleh James Aisoki

01 May 2020 23:07 983 VIew

''Ilustrasi salah satu ruangan di rumah sakit untuk tangani pasien covid 19''

Manokwari arafaknews - Pemerintah Provinsi Papua Barat sedang mempersiapkan sebanayak 14 Rumah Sakit dijadikan sebagai tempat penanganan bagi pasien Covid 19, jika terjadi lonjkan Kasus di Papua Barat.

Rumah Sakit di persiapkan tersebut, dinataranya 9 RSUD di Kabupaten/Kota dan Rumah Sakit TNI/POlRI, serta Rumah Sakit BUMN di Papua Barat, hal ini didasari atas keputusan Gubernur.

Dari 14 sakit ini, Rumah Sakit RSUD Manokwari dan RSUD Salebe Solu Koto Sorong difungsikan untuk menangani pasien covid 19 dengan gejalan berat sementara pasien dengan gejala ringan bisa di 14 Rumah Sakit ini,  kata Juru Bicara Gustu 19 Papua Barat, Kamis (30/4/2020).

Pemerintah juga berupaya untuk menyediakan sarana prasara, berupa tenaga medis dan Alat Pelindung Diri (ADP) memadai dalam penananganan pasien covid 19 di masyarakat.

Saat ini fasilitas, Tenaga medis dan ADP  dinilainya masih minim, namun akan memanfaatkan kebutuhan yang ada untuk menangani masalah kasus covid 19.

Untuk APD tenaga medis cukup sulit didapat, namun saat ini, Gugus tugas telah mendapat bantuan dari Kementerian, dan TNI/POLRI.

Pemerintah bersama Ikatan Dokter Indonesia sudah buat MOU untuk mendapatkan dokter tenaga kontrak dari beberapa Universitas kedokteran di Indonesia guna mengontrak tenaga dokter untuk bekerja disini, sebab saat ini untuk mendapat tenaga dokter dari daerah lain sangat susah, jelasnya.

Selain itu, diharapkan dalam waktu dekat sudah punya alat PCR untuk Tes SWAB sendiri telah sudah disiapkan, satu di Manokwari, satu di Kota Sorong dan Satu di Bintuni, selebihnya berada di daerah Fakfak dan Kaimana.

Diharapkan masyarakat tetap menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menjaga diri agar tetap sehat dan ikuti anjuran pemerintah, sebagai salah satu solusi memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Papua Barat, jelasnya.


Berita Terkait