Manokwari Selatan Dicanangkan Sebagai Sentral Produksi Kakao Di Papua Barat

Oleh Redaksi

28 May 2020 14:07 321 VIew

''Gubernbur Papua barat sedang menanam bibit kakao ''

Manokwari arfaknews– Kabupaten Manokwari Selatan dicanangkan nantinya sebagai wilayah sentral produksi kakoa di Papua Barat, mengingat wilayah ini sangat cocok untuk ditanami tanaman kakao.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Rabu (27/05/2020) mencanangkan untuk memberikan Tanaman Bibit Kakao kualitas Unggul di Abreso, Manokwari Selatan

Komitmen gunbernur untuk mengembangkan Kakao di Papua Barat sebagai Komoditas Unggalan, telah di alokasikan dalam APBD tahun anggaran 2020 sebesar 2,9 Milyar rupiah, tumbuhan Kakao seluas 100 Hektar.

Pengembangan Kakao di Papua Barat telah mendapat dukungan APBN dari Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian sebesar 3,1 Milyar.

Namun anggaran dialokasikan telah dipangkas untuk penanganan Covid 19, maka terealisasi hanya sebesar 1,3 APBD untuk 40 hektar dan 1,2 M  APBN untuk 40 hektar sehingga total lahan yang dicanangkan seluas 80 Hektar, Ungkapnya

Dijelaskan pula, Papua Barat memiliki Potensi Sumber Daya Lahan pertanian sangat luas termasuk untuk pengembangan pertaniaan termasuk pengembangan Tanaman Kakao.

Pengembangan Kakao tidak hanya berdampak bagi pengembangan dan Pembangunan Ekonomi ditingkat Nasional bahkan kakao di Papua barat telah menembus pasar Internasional sebagai Kakao Kualitas unggul.

Kakao sebagai Tumbuhan Non Deforestasi, tanaman ini dapat menekan dampak efek rumah Kaca. Karena itu, pengembangan Pertaniaan Kakao harus harus dilaksanakan dari hulu sampai hilir.

OPD dan Pihak terkait, diharapkan mendukung pengembangan Kakao dengan menyediakan perlatan penunjang proses budidaya, hingga produksi panen agar menghasilkan biji kakao berkualitas premium dan desain pengelolahan berbentuk bubuk dan lemak Kakao.

Sebelumnya, lahan seluas 93 Hektar di Abreso Manokwari dikelola PT.Cokran Ransiki namun pada tahun 2006, Perusahan pailit, sehingga tahun 2017 lahan tersubut dimanfaatkan Koperasi Abersut dalam pengembangan Kakao.


Berita Terkait