Jika Protokol Kesehatan Tak Dijalankan Baik, Berpotensi Ledakan Kasus Positif

Oleh James Aisoki

30 May 2020 12:07 795 VIew

''dr Iwan Butarbutar''

Manokwari arfaknews - Melihat Perilaku masyarakat Manokwari, kurang kesadaran dalam mentaati protokol kesehatan, sehingga dapat berdampak pada potensi ledakan kasus di masyarakat.

Hal itu disampikan, Dokter Iwan Butar Butar, Pemerintah Daerah diharpaka untuk benar menerapkan Protokol Kesehatan di masyarakat agar tidak terjadi penularan.

Melihat Perilaku Masyarakat saat ini, kita sulit prediksi kapan Manokwari Papua Barat akan aman, bahkan bisa lebih mengkhawatirkan bakal terjadi ledakan kasus.

Sebagai seorang Tenaga Kesehatan, dikuatirkan akan menjadi sebuah ledakan Gunubg Es, Manokwari bakal melonjok ketika dilakukan pemeriksaan masal, ungkapnya.

Dengan Perilaku masyarakat seperti ini, mustahil kasus tidak akan menurun, masyarakat tidak taat terapkan protokol kesehatan, di tempat-tempat publik, Mall, Pasar, altivitas transportasi Taxi, layanan Ojek, masyarakat masih bersentuhan, hal ini berpotensi penularan secara masal, ungkapnya.

Menurut masih minimnya kesadaran warga dalam menerapkan protokol kesehatan, pakai Masker, jaga Jarak dan hindari kerumunan dan mencuci tangan, kurangnya edukasi dan Sosialisasi dari gugus tugas Covid 19 pada Masyarakat dan perlu kebijikan khusus dalam menerapkan protokol kesehatan.

Perlunya dilakukan tes masal, baik tes Swab, jika alat PCR sudah ada, namun jika tidak dapat dilakukan Rapid tes Masal, sekaligus menyiapkan tempat karantina bagi mereka yang positif rapid tes sambil menunggu Tes Swab", jelasnya

Diharapkan tim Gugus tugas melalukan evaluasi terkait pola penangan dan pemeriksaan di Masyarakat, asumsinya sebagai dokter, mustahil hanya 8 kasus dengan melihat perilaku masyarakat seperti ini,terangnya.


Berita Terkait