Cemari Sumur, Warga Sanggeng Tuntut Ganti Rugi ke Pertamina 5 Triliun

Oleh James Aisoki

08 June 2020 02:12 334 VIew

''Warga Sanggeng gugat Pertamina ke Pengadilan Negeri Manokwari lantaran sumur mereka tercemar''

Manokwari arfaknews- Ratusan warga Masyarakat Sanggeng berada di Lingkungan RT 1, RW VI, Kelurahan Sanggeng Manokwari, Papua Barat, melakukan aksi demo menuntut ganti rugi pihak PT. Pertamina (Persero) senilai Rp 5 triliun di Pengadilan Negeri Manokwari, Jumat (5/6/2020).

Juru bicara Tim Kuasa Hukum Penggugat, Yan Ch. Warinussy mengatakan Warga Sanggeng melakukan gugatan terhadap PT. Pertamina atas kerugian diakibatkan merembesnya minyak dari Fuel tank PT Pertamani di Manokwari.

Sebanyak 20 pemilik sumur, terdiri dari 70 Kaka pengguna Sumur sekaligus sebagai korban atas sumur mereka dicemari minyak dari Fuel Tank Pertamina Manokwari, Sudah terjadi dari tahun 1998, dimana 5 tahun terakhir ini, warga sudah berulangkali kali mengajukan protes ke pihak Pertamina namun tidak pernah dimediasi secara baik

Sementara dalam materi gugatan, masyarakat menggugat, tergugat I Menteri BUMN di Jakarta, selaku tergugat II  Direktur Utama PT. Pertamina di Jakarta, tergugat ke III kepala PT. Pertamina Regional Papua Maluku di Jayapura dan tergugat IV direktur Utama fuel Pertamina Manokwari dengan biaya ganti rugi sebesar  Rp 5 Triliun.

Bukti fisik dimiliki warga berupa, cairan rembesan minyak diambil dari sumur warga, bukti hasil uji Laboratorium dari Pusat studi lingkungan Hidup Universitas Papua, akan dihadirkan sebagai saksi ahli, kata Warinussy.

Sebanyak 21 advokat tergabung dalam kuasa hukum penggugat, terdiri dari Peradi, Peradin, KAI dan IPHI mengajukan Gugatan ke pengadilan Manokwari, telah didaftarkan secara elektronik di Pengadilan Negeri Manokwari, ungkapnya.


Berita Terkait