KNPI Dukung Pemerintah Terapkan Protokol Kesehatan Memasuki New Normalisasi

Oleh James Aisoki

08 June 2020 02:12 1263 VIew

''Ketua KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba''

Manokwari arfaknews - Komite Nasional Pemuda Indonesia mendukung kebijakan pemerintah dalam melakukan tatanan hidup baru (New Normalisasi) di Papua Barat dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Prinsipnya mendukung pemerintah terapkan new Normalisasi,  hanya saja meminta ke pemerintah untuk memastikan pada warga Papua Barat, penggangan dan pencegahan covid 19 di Papua Barat ini sudah bisa untuk memasuki fase new Normal", kata Ketua DPD KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba, Sabtu (6/6/2020).

Diterangkan New Normal adalah model pra kondisi menuju kehidupan normal ditetapkan oleh pemerintah pusat. Model tatatan hidup baru ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, mencegah penularan pandemi covid 19 dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Diberharapkan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, untuk melihat kondisi di daerah dan melihat situasi di daerah, apakah memungkinkan untuk sudah bisa membuka akses kembali dengan menerapkan new Normalisasi.

Pihaknya meminta Pemerintah melihat itu, kalau belum siap,  kiranya tidak ada yang bisa menjamin bahwa situasi sudah pulih, atau akan pulih sebab kita lihat dibeberapa kabupaten di Papua Barat sikluasnya naik turun.

Saat ini, kebinakan Pemerintah hadapi pandemi covid 19 yang super ketat saja masih banyak kebobolan, bahkan covid 19 terus bertambah di masyarakat. Apalagi dengan tatanan kehidupan New Normalisasi nanti. Siapa yang bisa menjamin bahwa masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa tapi aman dari pendemi covid 19.

Karena it, kita memberi kepercayaan penuh kepada pemerintah,  asalkan kebijakan itu secara objektif dapat mengukur pola penangan efektif di masyarakat dan mencegah penularan covid 19, jelasnya.

Diharapkan melalui kebijakan ini, bukan saja terjadi peningkatan proditivitas tetapi dapat menekan penularan melalui kebijakan protokol kesehatan yang ektif di masyarakat, harapnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat menetapkan kebijakan new Normalisasi mulai berlangsung pada 4 juni 2020. Sementara di papua Barat, Pemerintah Provinsi Papua Barat menimbang kondisi di daerah dalam upaya penanganan Pandemi covid 19, memperpanjangan status masa kedinasan di Rumah (Work From Home)  hingga 19 Juni 2020).


Berita Terkait