Kampung Aimasi Contoh Kampung Tangguh Mandiri Covid 19

Oleh Redaksi

28 June 2020 00:07 83 VIew

''Gubernur tinjau Kampung Aimasi sebagai Kampung Tangguh Covid 19''

Manokwari arfaknews - Sebuah kampung di Manokwari, Papua Barat, yakni Kampung Aimasi dicanangkan Gubernur Papua Barat sebagai contoh Kampung Tangguh Mandiri, guna memutus rantai penyebaran covid 19 masuk ke pelosok pedesaan.

Kampung Aimasi ini berada di Distrik Prafi, arah barat kota Manokwari, pada umumnya mata pencaharian warganya sebagai petanian dan peternak.

untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 masuk ke wilayah perkampungan, Kampung Aimasi merupakan kampung percontohan untuk penanganan covid 19 di Manokwari.

Mayoritas warganya sudah memahami prtokol kesehatan, berupa selalu mengenakan masker baik tua maupun muda  menyiapkan tempat cuci tangan tiap rumah, serta mendirikan Pos Kamling dan Portal Jalan, agar dapat mengetahui warga yang akan masuk kedalam wilayah perkampungan, serta mengetahui tujuan orang lain masuk ke dalam wilayah kampung itu.

Kampung ini dilengkapi alat pendeteksi suhu badan, jika akan memasuki wilayah terlebih dulu suhu badan diperiksa agar mengetahui kondisi kesehatan warga yang akan berkunjung ke kampung tersebut.

Nantinya kampungbahkan jika ada warga terpapar corona  kampung aimasi ini memilki rumah karantina  dan  akan menjadi contoh kampung tangguh mandiri covid 19 di wilayah Papua Barat, kemungkian dalam waktu dekat tiap Kabupaten di Papua Barat harus punya kampung tangguh mandiri covid 19 untuk menajdi contoh untuk kampung lainnya.

Kampung Aimasi memiliki lahan pertanaian dan peternakan sapi, dimana hasil pertanian dan peternakan akan digunakan memenuhi kebutuhan sendiri, jika hasil berlebihan akan di pasok keluar wilayah maupun keluar daerah.

Selama covid 19, belum ada satupun warga di kampung ini positif terpapar virus corona, sehingga kampung ini masuk dalam kategori kampung hijau covid 19, lantaran kesadaran warganya cukup tinggi dalam soal protokol kesehatan.

Dicangkannya sebagai kampung percontohan, Gubernur Papua Barat dan Kapolda Papua Barat, Kodim 1801 Manokwari, serta ungsur forkpinda, bahkan muspida lainnya menghadiri lounching kampung tangguh mandiri.   

Usai diresmikan, rombongan Gubernur Papua Barat melakukan peninjauan langsung ke lokasi peternakan dan pertanian, serta pemberian bantuan bibit padi dan palawija ke sejumlah petani. 

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan setelah dicangkannya Kampung Mandiri Covid 19 di manokwari, sehingga kampung lainnya bisa mencontohi kampung ini, serta membuat kampung tangguh mandiri covid 19 di tiap kabupaten di Papua Barat.

Sementara jumlah pasien terpapar covid19 di wilayah Papua Barat, sebanyak 233 orang, sembuh 153 orang  dan masih dalam perawatan 80 orang.

Diharapkan dengan adanya kampung percontohan ini, dapat di ikuti tiap wilayah daerah di Papua Barat, sehingga warga terus kedepannya agar virus ini bakal lenyap di wilayah Papua Barat, ungkapnya.

 

 


Berita Terkait