Haering Dialog Kursi Fraksi Otsus, 2 Daerah Absen Periode 2019- 2024

Oleh Redaksi

28 June 2020 11:07 136 VIew

''Hearing Dialog MRP bersama Masyarakat Adat di Kantor MRP Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat menggelar Hearing Dialog bersama perwakilan masyarakat adat, perwakilan tokoh perempuan dan tokoh agama, di Kantor MRP Papua Barat, Sabtu (27/6/2020).

Panitia Pengawas Pemilihan DPRPB Jalur Pengangkatan, Anthon Rumbruren menjelaskan MRP menghadirkan masyarakat adat dalam hearing dialog guna mengawal seleksi DPRPB jalur Pengangkatan Periode 2019-2024.

Melalui Hearing dialog ini, kami inginkan ada masukan - masukan dari masyarakat adat, tokoh perempuan dan tokoh agama dalam mengawal proses seleksi. "Hanya 11 Kursi DPRPB Jalur Pengangkatan periode 2019-2024, otomatis 2 daerah tidak ada keterwakilan," ucapnya. 

Anthon memaparkan, sesuai tupoksi, MRP memberikan pertimbangan dan persetujuan kepada pemerintah dalam menjalankan amanat Otsus di Provinsi Papua Barat.

MRP tidak mengintervensi siapapun, melainkan mengupayakan agar proses seleksi terhindar dari kepentingan pihak-pihak tertentu. Kami berharap proses seleksi benar-benar menghasilkan orang-orang yang miliki kemampuan, dan kapabilitas dalam memperjuangkan hak- hak dasar OAP.

Selain itu, Anthon menambahkan, MRP tidak miliki kewenangan regulasi, bajeting dan pengawasan. Diharapkan, Anggota DPRPB jalur pengangkatan terpilih, mesti bersinergi dengan MRP, merusmuskan regulasi dalam memperjuangkan hak-hak dasar OAP.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa butir rekomendasi, akan ditandatangani oleh perwakilan - perwakilan Masyarakat Adat, Agama dan Perempuan. Kami akan tindak lanjut rekomendasi kepada Pemerintah untuk mempertimbangkan usulan masyarakat adat, bebernya.


Berita Terkait