3000 Personil Bakal Dikerahkan Amankan Pilkada 9 Desember 2020 Di Papua Barat

Oleh Redaksi

03 July 2020 14:09 354 VIew

''Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing''

Manokwari, arfaknews - Kepolisian Daerah Papua Barat, bakal kerahkan 3000 personel amankan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil bupati pada 9 Desember 2020 mendatang di Papua Barat.

"Kami siagakan personel sekitar 3000 orang untuk amankan momen Pilkada di Papua Barat. Seluruh kabupaten/kota pasti di kawal ketat aparat agar pesta demokrasi kondusif," ucap Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Rabu (1/7/2020).

Mewujudkan Pilkada yang aman dan damai, Kapolda imbau semua pihak ikut mendukung penyelanggaraan Pilkada. "Saya harap semua pihak di daerah deklarasikan, pilkada aman, damai dan kondusif. Kita butuh dukungan semua pihak, tanpa itu Polri dan TNI tidak berjalan optimal," ujarnya.

Kapolda menerangkan, Mabes Polri verifikasi beberapa wilayah Papua Barat tergolong rawan. "Kami telah antisipasi, pendekatan tokoh agama, adat, agama, perempuan, dan seluruh lapisan masyarakat berperan aktif membantu Polri kawal pilkada, agar aman dan kondusif,"ungkapnya.

Selain itu, Kapolda juga memaparkan anggaran pengamanan di Papua Barat. NPHD sekitar 50 persen bukan dibawah 50 persen."Jadi sudah cukup, ada beberapa Polda dapat NPHD dibawah 50 persen. Anggaran telah diaudit masing- masing satker, kalau ada kekurangan diantisipasi,"ungkapnya.

Kapolda kembali mengingatkan, Polri harus netral dalam mengawal pelaksanaan di daerah. Netralitas Polri, final. Kapolri sampaikan di hadapan presiden dan masyarakat melalui media. Polda Papua Barat komitmen tetap netral, tidak segan- segan berikan sanksi bagi aparat yang melanggar,"tegasnya.


Berita Terkait