200 Orang Warga Kepulauan Yapen - Manokwari Akhirnya Tiba Di Pelabuhan Serui

Oleh Redaksi

06 July 2020 19:08 1070 VIew

''Saat Ikut Protokol Kesehatan di Pelabuhan Serui Oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Kepulauan Yapen ''

Manokwari, Arfaknews - Total 200 orang masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen akhirnya tiba di Pelabuhan Serui setalah 4 bulan tertutup akses transportasi di Manokwari Papua Barat pasca mewabahnya Pandemi Covid 19 di Indonesia.

Sekretaris Kordinator Tim Keberangkatan Masyarakat Yapen di Manokwari, Abihud Ruamba mengatakan sebanyak 200 masyarakat Yapen yang diberangkatkan dengan Kapal KM Labobar ke Serui.

"200 orang masyarakat asal Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, dan sebagian masyarakat Waropen telah berangkat dengan Kapal KM Labobar ke Yapen," ucap Abihud Ruamba dalam realis diterima media ini, Senin (6/7/2020).

Abihud mengungkapkan, keberangkatan mereka sempat menjadi kendala dalam pengurusan Surat Keberangkatan dan Keterangan Pemeriksaan Rapid Tes.

"Rata- rata mereka yang berangkat minimal harus periksa Rapid. Namun, masing - masing berupaya memeriksa di Klinik atau Rumah Sakit dengan harga yang relatif lumayang lebih besar dari harga Tiket. Ada sebagian yang ikut Tes Rapid gratis," ungkapnya.

"Setelah miliki keterangan Rapid baru Gugus Tugas Covid 19 Provinsi berikan Surat jalan. Dan Pemkab Manokwari memberikan Surat rekomendasi pemeriksaan kesehatan, barulah Pemda Serui memberikan Rekomendasi Surat masuk," ujarnya.

Disisi lain, Abihud mengaku biayadbiaya tiket Kapal ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yepen. Setelah tiba di Pelabuhan Serui dilakukan pemeriksaan Kesehatan oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Kepulauan Yapen.

"Masing - Masing dianjurkan untuk Karantina Mandiri selama 14 hari di rumah," jelasnya.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Barat, Plh. Bupati Manokwari, dan Gugus Tugas Covid 19 Provinsi serta Kabupaten Manokwari dan Pemerintah Kabupaten kepulauan Yapen yang telah membuka akses keberangkatan warga Serui kembali ke Kampung halamannya.


Berita Terkait