Daerah Lain Diminta Belajar Dari Papua Barat Tangani Covid 19

Oleh Redaksi

07 July 2020 22:08 731 VIew

''Suasana Pertemuan Menteri Kesehatan, Menteri KMK dan Kepala BNPB RI bersama Gubernur Papua Barat dan Forkopimda Provinsi Papua Barat ''

Manokwari, arfaknews - Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengapresiasi kinerja Gugus Tugas Covid 19 se- provinsi Papua Barat dalam menekan penularan Pandemi Covid 19 di Papua Barat.

"Selaku Menteri sangat menghargai etos kerja dan semangat Pemrov Papua Barat. Saya melihat angka kasus COVID 19 di Papua Barat rendah. Saya harapkan kasus COVID 19 di Papua Barat segera menurun," ucap Menteri Kesehatan, Letjen TNI (Purn) dr Terawan Agus Putranto saat bersama Menteri KMK, dan Kepala BNPB RI menggelar pertemuan bersama Forkopimda dalam kunjungan Kerjanya di Papua Barat, Selasa (7/7/2020).

Menteri kesehatan juga meminta masyarakat Papua Barat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas kerja sebagai upaya mencegah penularan Pandemi Covid 19.

"Yang terpenting adalah mematuhi protokol kesehatan, di lingkungan keluarga, kerja, pasar termaksud tenaga medis, Aparat TNI/Polri diterapkan protokol kesehatan, tidak terpapar Covid. Kalau tenaga medis dan aparat terpapar bisa terpapar semua,"katanya.

Disisi lain, Ia mengharapkan masyarakat membudayakan penggunaan protokol kesehatan dalam aktivitas dan kearifan lokal masyarakat.

"Saya harap, masyarakat di Papua Barat, protokol kesehatan, aturan ini terapkan baik, saya yakin dan percaya tidak terpapar Covid 19. Ini terus diedukasi dan digalakan betul- betul angka terkonformasi positif menurun,"ujarnya.

Senada, Ketua Gugus Tugas Nasional, Doni Manardo mengungkapkan, angka kesembuhan tinggi dan angka kematian Covid 19 di Papua Barat semakin rendah, dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. "Angka 1,5 persen dari total positif. Saya harap daerah zona hijau, Sorong Selatan, Arfak, Tambrauw dan kabupaten Maybrat dipertahankan. Sedangkan Zona merah menuju zona hijau Manokwari Selatan (Mansel) dan Teluk Bintuni kasus terus menurun," tuturnya.

Atas capaian itu, Ketua BNPB RI ini berharap daerah - daerah lain mengikuti langkah provinsi Papua Barat dalam mencegah penularan Pandemi Covid 19. "Harapan daerah lain meniru apa yang sudah dilakukan Papua Barat," tukasnya.

Selain itu, Menteri Koordinator Pembagunan Manusia dan Kebudayaan RI, Mudhajir Effendy minta Pemerintah Daerah membuat regulasi daerah dalam penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

"Saya minta, pimpinan daerah agar berikan contoh dan teladan dan panutan kepada masyarakat. Harus terapkan Peraturan Daerah supaya masyarakat taat protokol kesehatan, dari sebelum buat Perda" ucapnya.

Tak hanya itu, Effendy juga meminta aparat TNI dan Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Aparat TNI/Polri digerakan untuk mendisiplikan masyarakat agar tetap patuhi aturan tersebut kita harapkan di bisa dilaksanakan,"ujarnya. D

menambahkan, upaya mendisiplan itu semata-mata untuk menyelamatkan umat manusia dari virus Corona sangat berbahaya. "Jangan anggap remeh virus ini, sangat mematikan. Saya ajak semua elemen taat terhadap protokol kesehatan,"tuturnya.


Berita Terkait