Pemkab Asmat Diminta Bangun Asrama Bagi Mahasiswa Asmat Di Manokwari

Oleh Jems Aisoki

11 July 2020 00:08 403 VIew

''Suasana usai Pelantikan Ketua Ikatan Mahasiswa Asmat periode 2020 - 2023 bersama Pembina Mahasiswa Papua Selatan di Manokwari''

Manokwari arfaknews - Ikatan Pelajar Mahasiswa Asmat (IPMA) Manokwari minta Pemerintah Kabupaten Asmat bangun Asrama bagi Pelajar Mahasiswa Asmat di Kota Studi Manokwari Provinsi Papua Barat.

Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Asmat Periode 2017- 2019, Theofilus Faitakap menerangkan jumlah Mahasiswa Asmat di Kota Studi Manokwari terus meningkat setiap tahun.

"Tahun 2017 berjumlah 25 orang, dan Tahun 2018 berjumlah belasan orang, sementara tidak ada kontrakan yang disediakan oleh Pemerintah bagi mahasiswa disini," ucap ketua demisioner, Theopilus Faitkap usai acara pelantikan Mahasiswa IPMA di Manokwari, melalui realis diterima media ini.

Theopilus menerangkan sejak menjabat sebagai pengurus Ikatan, dirinya telah mengirim surat permohonan usulan pembangunan Asrama Mahasiswa Asmat namun belum direspon oleh Pemerintah Kabupaten Asmat hingga kini.

"Pada tahun 2017 sempat sudah masukan Proposal bantuan tempat tinggal (asrama) ke PEMDA tetapi hingga saat ini belum ada kejelasan," ungkapnya.

Selain itu, Ketua Demisioner ini menambahkan Manokwari menjadi kota tujuan pendidikan sebab miliki Universitas Papua yang terdiri dari 12 Fakultas dan puluhan jurusan serta beberapa sekolah tinggi lainnya di Manokwari.

"Dengan banyaknya sekolah tinggi di Manokwari, saya berharap pemerintah membangun Asrama bagi Mahasiswa Asmat agar menjadi rumah bagi mahasiswa dan tempat untuk mahasiswa Asmat mengembangkan kreativitas dan belajar berorganisasi," tuturnya.

"Dunia Internasional dan manca negara mengenal Asmat dengan budaya uniknya, karena itu mahasiswa Asmat mesti nampak di kota Manokwari, mari bangun kekompakan dan kebersamaan, tunjukan bahwa kami juga ada," terangnya.

Disisi lain, Ketua IPMA terpilih periode 2020 - 2023, Imanuel Natal Subade menyampaikan, dirinya akan tetap melanjutkan program kerja dari pengurus lama dan mengajak mahasiswa Asmat berkerja sama.

"Kami akan terus melanjutkan kegiatan yang di tingalkan oleh badan pengurus lama. Saya tidak mau  banyak janji tetapi saya mengajak kita bekerja sama membangun nama besar, ikatan Mahasiswa Asmat ( IPMA ) ini," pintanya.

Pelantikan pengurus IPMA Periode 2020 - 2023 pada 26 Juni 2020 digelar di Asrama Anim Ha, dengan memilih tema 'Melalui Organisasi ini dapat menciptakan kader inovatif dan intelektual'.

Dan sub tema yang diusung 'Mari kita bergandengan tangan mempererat tali persaudaraan sesuai dengan moto Kabupaten Asmat 'Ja Asamanam Apcamar (berjalan penuh meseimbangan)', diharapkan menjadi semangat untuk memotivasi mahasiswa Asmat dalam menuntut ilmu di Kota Studi Manokwari dan membangun kebersamaan antar mahasiswa Papua Selatan di Manokwari. 

Pelantikan ini dihadiri oleh Sekretaris Kerukunan Masyarakat Papua selatan, Lukas Barayap, Pembina Himpunan Mahasiswa Papua Selatan, Yohanes A. Lebang,. SP. MSi dan Ketua Himpunan Mahasiswa Papua Selatan, Geradus Tembut, S.Pd serta beberapa ketua Ikatan Mahasiswa kedaerahan lainnya di Kota Studi Manokwari.


Berita Terkait