14 Hari Polda Papua Barat Gelar Operasi Patuh Berlalulintas Difokuskan Pada 4 Sasaran

Oleh Redaksi

23 July 2020 19:08 1545 VIew

''Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Mansinam Tahun 2020 di Mapolda Papua Barat''

Manokwari, arfaknews - Kepolisian Daerah Papua Barat menggelar Apel Pasukan Operasi Patuh Mansinam Tahun 2020 di Mapolda Papua Barat, Kamis (23/7/2020).

Kepolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing menjelaskan operasi patuh digelar selama 14 hari, dari 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 guna meminimalisir potensi kecelakaan dalam berlalulintas, yang digelar secara serentak di Seluruh Indonesia.

Di Papua Barat, kami  prioritas sasarannya kepada pengendara bermotor yang tidak menggunakan Helm, pengendar yang menerobos Trafight Light (Lampuh Merah), Pengemudi kendaraan dalam keadaan dipengaruhi minuman keras (Miras) dan pengendara dibawah usia (anak-anak).

Sihombing menjelaskan, Pola penanganan Operasi Patuh di tahun 2020 berbeda dengan pola penanganan di tahun sebelumnya, pasalnya digelar ditengah mewabahnya Pandemi  Covid 19.

Operasi yang dilaksanakan harus mengedepankan giat preemtif, preventif, persuasif serta humanis dengan maksud untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang tata tertib berlalu lintas.

"Disamping itu, malalui operasi ini diharapkan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mengadopsi pola adaptasi kebiasaan baru guna memutus rantai penyebaran Covid 19 di Papua Barat" ujarnya.

Selain itu, operasi patuh juga dititik beratkan pada penurunan titik kemacaten, pelanggaran berlalu lintas dan kecelakaan sesuai dengan Karakteristik wilayah masing-masing (tematik) namun tetap berpedoman pada protokol kesehatan, meliputi segala bentuk potensi Gangguan (PG), Ambang Ganguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan kecelakaan berlalu lintas serta lokasi penurunan Covid 19.

Selanjutnya, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat ini mengharapkan para personil selalu berdoa sebelum menggelar operasi Patuh Mansinam Tahun 2020 serta melayani masyarakat secara tulus dan iklas.

"Kami harapkan para personil selalu mengedepankan keamanan, dan keselamatan dengan mempedomani SOP dan memperhatikan protokol kesehatan, disisi lain melakukan operasi dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," harapnya.

Selain itu, Kapolda minta para bawahannya senantiasa berkerja sama dan berkordinasi dengan Instansi terkait baik dari unsur Pemda maupun TNI agar operasi patuh Mansinam tahun 2020 berjalan maksimal.


Berita Terkait