Gubernur Serahkan 1248 Bantuan Tunai Kepada Pekerja Sektor Informal di Pegaf

Oleh Redaksi

25 July 2020 10:12 1292 VIew

''Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan serahkan bantuan Tunai kepada masyarakat di Kabupaten Pegunungan Arfak''

Pegunungan Arfak, Arfaknews -  Pemerintah Provinsi Papua Barat menyerahkan bantuan Tunai program Tangan Kasih Pemprov Papua Barat kepada sektor formal dan informal yang terkena dampak langsung dari Covid 19 di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Program ini diperbantukan kepada para pekerja disektor formal dan informal yang di-PHK, atau dirumahkan maupun para pedagang yang secara langsung terkena dampak Covid 19.

Bantuan Dana sebesar, Rp. 600.000 per bulan yang dibayarkan, per triwulan, dari bulan April, Mei, dan Juni, diberikan pada bulan Juli melalui tiga Bank yakni BNI, Mandiri dan Bank BRI,"

Hari ini, kita serahkan bantuan kepada masyarakat sektor informal di Kabupaten Pegunungan Arfak, sebesar 1248 bantuan Tunai, melalui buku rekening berisi Rp.1.800.000," ucap Gubernur saat menyerahkan Bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Pegunungan Arfak, Jumaat (24/7/2020).

Gubernur menerangkan, dari data para pekerja formal yang dilaporkan ter-PHK dan atau dirumahkan berjumlah ±65.340 orang serta pekerja mandiri sektor informal yang  terkena dampak ekonomi pasca mewabahnya pandemi Covid 19 namun Pemprov hanya menanggung 32.317 ribu  dari 13 Kabupaten/Kota di Papua Barat melalui Bantuan Tunai Program Tangan Kasih.

"Kami harapkan para pekerja formal dan informal yang belum diakomodir, ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten, maupun Pemerintah Pusat, dan bantuan - bantuan dari Dana Kampung," ucap Gubernur sembari menegaskan mereka yang sudah mendapat bantuan dari Pemprov tidak diakomodir lagi untuk bantuan dari pusat maupun kabupaten.

Kami harapkan, masyarakat tidak  melihat dari jumlahnya, melainkan melihat dari kepedulian Pemerintah Provinsi dalam membantu masyarakat di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Papua Barat telah memberikan 82.954 paket Bama kepada masyarakat di Papua Barat, total 25 persen penduduk di Kabupaten/Kota di Papua Barat, termasuk di Kabupaten Pegunungan Arfak.

Dari total, 197,8 Milyar yang dialokasikan untuk menangani Pandemi Covid 19, sebesar Rp. 58.170,600,000 dialokasikan untuk menangani masalah ekonomi di sektor formal dan informal, melalui Bantuan Tunai program tangan Kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Selain itu, Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak diminta berkordinasi dengan Kajaksaan Negeri Manokwari dalam hal recofusing dan realokasi anggaran Covid 19 di Kabupaten Pegunungan Arfak.

"Pemprov telah melakukan MOU dengan Kejati dan BPK dalam hal pengawasan dan pendampingan terkait penggunaan anggaran Covid 19. Kami harapkan Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak juga melakukan hal sama dengan Kajari Manokwari dalam proses pendampingan dan pengawasan penggunaan anggaran  Covid 19," harapnya.

Turut hadir dalam acara penyerahan Bantuan Tunai Program Tangan Kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat di Kabupaten Pegunungan Arfak, dihadiri oleh Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy serta Jajaran OPD Kabupaten Pegaf dan Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor.


Berita Terkait