Rektor Warning Mahasiswa Angkatan 2013, 2012 Kebawa Segera Wisuda Sebelum Desember 2020

Oleh Pato Maniani

29 July 2020 16:08 1034 VIew

''Rektor UNIPA, Dr. Mecky Sagrim,SP.,M.Si saat memberikan Sambutan dalam Rapat Senat Terbuka via daring di aula Unipa Manokwari''

Manokwari, arfaknews - Rektor Universitas Papua, Dr. Mecky Sagrim, SP, M.Si, memberikan warning kepada para mahasiswa yang berkuliah diatas 7 tahun untuk menyelesaikan study sebelum 21 Desember 2020.

Mahasiswa angkatan 2013, 2012, 2010 kebawa yang masih kuliah, diharapkan segera selesaikan study sebelum tanggal 21 Desember 2020, jika tidak Ijazahnya tidak dilabeli Penomoran Ijazah Nasional (PIN) oleh Kementerian.

"Kebijakan itu diambil oleh pemerintah pusat untuk mencegah penerbitan Ijazah Palsu dan meminimalisir plagiat karya ilmiah. Jadi jika kuliah normal harus wisuda 7 Tahun, diatasnya didrop out," ucap Rektor usai mewisudakan 349 lulusan via darung  di Aula Universitas Papua, Rabu (29/7/2020).

Selain itu, Sagrim menerangkan daya tampung Universitas Papua sebanyak 2500 penerimaan mahasiswa baru,  namun dalam tes lokal yang baru mendaftar sekitar 600 orang. 

Tahun Akademik 2020 ini, Universitas Papua akan menerima 1500 Mahasiswa Baru. "Sebagian telah lulus melalui jalur SNMPTN, SBNPTN, dan jalur Mandiri yakni Sesama UNIPA dan Seleksi Lokal yang akan di umumkan dalam waktu dekat,"ungkapnya.  

Disisi lain, Rektor berlatar belakang Ilmu Pertanian ini mengaku pelaksanaan Perkuliahan akan di laksanakan secara daring namun daya dukung masih sangat minim.

Kita akan melaksanakan perkuliahan secara daring sesuai arahan Kementerian namun Universitas masih terkendala kapasitas Banewidth di Kampus.

Kami telah merevisi DIPA UNIPA guna merealokasi dan refokusing anggaran untuk mendukung pelaksanaan kuliah secara daring, walaupun kapasitas banewidth hanya bisa mendukung kinerja tenaga pendidik, dan administratif sementara mahasiswa belum bisa," jelasnya.


Berita Terkait