DPRD Manokwari: Biarkan Rakyat Yang Tentukan Otsus Lanjut atau Berhenti

Oleh Redaksi

29 July 2020 18:08 1636 VIew

''Anggota DPRD Manokwari, Aloysius Siep,SE''

Manokwari, arfaknews - Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Aloysius Siep  menerangkan sesuai amanat pasal 77  UU nomor 21 Tahun 2001, rakyat yang menentukan apakah UU nomor 21 direvisi keberlanjutannya atau dihentikan.

"Kami DPRD hanya menunggu saja, kalau rakyat bilang lanjut, ya lanjut. Kalau bilang berhenti, ya berhenti," ucap Ketua Komisi Anggaran DPRD Kabupaten Manokwari, Aloysius Siep via seluler kepada media ini, Rabu (29/7/2020).

Aloysius meminta rakyat tidak saling memprovokasi melainkan menyampaikan aspirasi secara damai dan bermartabat.

Saya minta masyarakat tidak saling menyerang, melainkan mencari solusi bersama dalam menanggapai masa berakhirnya suntikan 2 persen DAU Nasional dan Dana Tambahan Infrastruktur ini. Suntikan dana itu berdasarkan amanat UU nomor 21 tahun 2001 pasal 33 dan 34 berlaku selama kurung waktu 20 tahun. 

"Rakyat yang nilai selama 20 tahun ini, apakah Otsus berhasil atau tidak, jadi biarkan rakyat yang memutuskan. Lanjut atau gagal, kembali ke rakyat. Intinya kita tunggu aspirasi rakyat untuk dilanjutkan kepada Jakarta," terangnya.

Disisi lain, Aloysius mengungkap esensi dari kehadiran UU Otsus 21 tahun 2001 untuk memberikan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat Papua. 

"Biarkan rakyat yang menilai sendiri, apakah Otsus sudah menjamin kesejahteraan dan keadilan rakyat Papua atau belum," ungkapnya.

Aloysius menilai, Jakarta  berikan kebijakan Otsus setengah hati, belum sepenuhnya percaya orang Papua. 

Jakarta hanya kasih uang, bukan kewenangan. Padahal Otsus bukan soal uang, namun menjalankan 79 pasal yang tertuang dalam UU Nomor 21 Tahun 2001. Bukan hanya soal uang senilai  94, 24 Triliun itu.

Saya melihat sejumlah pasal belum terlaksana dalam UU nomor 21 tahun 2001, seperti Partai Lokal, Komisi Rekonsiliasi dan Kebenaran, pengibaran Bendera dan sejumlah pasal lainnya, yang belum dijalankan" tandasnya.


Berita Terkait