Sempat Viral Sebagai Zona Merah, Puskesmas Pasir Putih Gelar Rapid Tes Kepada Warga Arowi

Oleh Pato Maniani

01 August 2020 13:10 551 VIew

'' Tim Puskesmas Pasir Putih Saat Gelar Rapid Tes Di Kompleks Arowi BTN Didampingi oleh Kepala Kampung Arowi Distrik Manokwari Timur''

Manokwari, arfaknews - Gugus Tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Manokwari melalui Puskesmas Pasir Putih menggelar rapid tes masal kepada  warga di Kampung Arowi Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari, Jumaat (31/7/2020).

Sebanyak 60 orang warga Arowi dinyatakan non reaktif setelah dilakukan Tes rapid. "Iya hasilnya Non reaktif, 60 orang yang tadi kami periksa," ucap Kepala Puskesmas Pasir Putih, Ester Waroroni Kepada media ini.

Ester menerangkan, pemerintah Kabupaten Manokwari terus melakukan tindakan pencegahan, guna memutus rantai penularan pandemi Covid 19 dengan melakukan rapid tes di masyarakat.

Rapid masal ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Puskesmas Pasir Putih setelah diberikan  alat oleh gugus Tugas Kabupaten Manokwari.

"kita sudah jadwalkan tes masal pada semua tempat di Distrik Manokwari Timur, tapi gugus tugas baru berikan kita  125 alat rapid, jadi kita periksa disini dulu, sebab kompleks disini agak kecil. Kalau ada alat lagi, kita akan periksa di kompleks lain," tutur Ester

Ester mengatakan masyarakat Arowi sempat melakukan protes saat pihaknya hendak menggelar Rapid Tes . "Awalnya masyarakat sempat protes, mereka menolak, tapi kita kordinasi, hingga akhirnya mereka terima," ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Kampung Arowi, George Krey menyayangkan sikap Gugus Tugas Penanganan COVID 19 Kabupaten Manokwari. 

Kampung Arowi sempat viral, sebagai kompleks merah, namun baru dilakukan pemeriksaan setelah lewat sebulan. " Saya tidak setuju dengan kerja macam begini. Kalau betul ada yang positif, maka masyarakat semua bisa kena (terpapar) Covid 19, jika lambat penanganan," ujarnya.

Krey minta Gugus Tugas tanggap terhadap wabah ini agar tidak menimbulkan masalah di masyarakat.

"Saya harap, Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Gugus Tugas serius tangani masalah. Kalau ada yang sudah diduga positif, segera lakukan rapid tes kepada masyarakat, agar tidak menimbulkan masalah di masyarakat," tegasnya. 

Selain itu, George meminta Warga jaga kesehatan, jaga keamanan dan tetap percaya kepada Tuhan.

"Saya harap, masyarakat tidak melihat Arowi sebagai wilayah Merah, kami semua disini baik-baik saja. Masyarakat jangan takut, Covid tidak berkuasa, Tuhan yang berkuasa," jelasnya.


Berita Terkait