Pemuda Papua Barat Diminta Berperan Aktif Mengawal Pilkada Serentak Pada 9 Desember 2020

Oleh Redaksi

11 August 2020 23:09 312 VIew

''Parjal, GMKI, FL2MI dan PMII Gelar FGD melibatkan Stekholder di Provinsi dan Kabupaten Manokwari''

Manokwari, arfaknews - Pemuda Papua Barat diminta berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak, tanggal 9 Desember 2020 mendatang di 9 Kabupaten se- Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing menerangkan, FGD Peran Pemuda Dalam mengawal  Pilkada Bersih yang digelar oleh Perlemen Jalanan Papua Barat, GMKI, FL2MI, dan PMII, merupakan salah satu inisiatif pemuda yang harus diapresiasi dalam mengawal pemilu yang aman, damai dan kondusif.

Dia mengharapkan, perlu dilakukan  sosialisasi, mendengar masukan dari semua pihak, mencari solusi dalam mempersipkan pelaksanaan Pilkada serentak yang lebih matang ditengah mewabahnya Pandemi Covid 19.

"Sosialisasi seperti ini harus dilakukan agar tidak membuat semua pihak tergesa-gesah dalam melaksanakan pilkada dan tidak  mengundang komplain dari berbagai pihak," ucap Kapolda saat memberi sambutan dalam acara FGD di salah satu hotel di Manokwari, Selasa (11/8/2020).

Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat ini mengungkap, proses pelaksanaan Pilkada tahun ini harus diskusikan  secara maksimal sehingga tidak menciptakan ledakan kasus covid 19 di masyarakat.

"KPU dan Instansi terkait, telah memberikan petunjuk, dalam  melaksanakan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan. Kami harapkan dalam Iven Pilkada ini, tidak menimbulkan ledakan kasus," ujarnya.

Selain itu, Jendral Bintang Dua ini kembali mengingatkan Anggota Polri di Papua Barat untuk menjaga netralitas Polri dalam mengawal Pilkada yang aman, damai dan kondusif di masyarakat.

Saya sudah sampaikan arahan Kapolri, bahwa kami tidak akan tolelir anggota Polri yang tidak netral," jelasnya.

Turut hadir dalam FGD, Asisten I Setda  Pemprov Papua Barat, Musa Kamodi, Sekda Manokwari, Aljabar Makatita, Wakajati Papua Barat, Leonard Eben Ezer Simanjuntak,  Kordiv Penindakan Bawaslu Papua Barat Abraham Ramandey, Ketua Bawaslu Kabupaten Manokwari, Syors Prawar, dan KPU Manokwari,  Ketua DAP Wilayah III Doberay, Zhakarias Horota, KNPI Papua Barat, serta sejumlah Organisasi Kepemudaan di Manokwari Papua Barat.


Berita Terkait