Selayang Pandang Hadirnya Partai Nusantara Di Bumi Pertiwi Indonesia

Oleh Redaksi

06 September 2020 19:10 1144 VIew

''Ketua DPD Partai Nusantara Papua Barat, Tuty Achmad Weripi''

Manokwari, arfaknews - Secara de facto dan de jure Partai Nusantara berdiri pada tanggal 9 Juni 2020 melalui diterbitkannya  Akta Notaris oleh Pejabat pembuat  Notaris Rusnaldy, SH, pada Selasa 8 Juni 2020.

Partai Nusantara berazaskan Pancasila dan UUD 1945 menjunjung tinggi semboyang Bhinneka Tunggal Ika, dengan  memilih Nasionalisme sebagai Ideologi Partai.

Kehadiran Partai Nusantara dalam kanca perpolitikan di Indonesia tak lain untuk memperjuangkan kesetaraan pembangunan, berupaya mewujudkan cita-cita luhur bangsa yaitu menjadikan Indonesia sebagai rumah yang damai, adil dan makmur.

Partai Nusantara terbuka kapada semua lintas suku, agama dan lintas kebudayaan dengan mengajak seluruh putra - putri Indonesia, seluruh komponen bangsa untuk berjuang bersama dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur.

Partai Nusantara diharapkan menjadi cerminan dari Bhinneka Tunggal Ika berpandangan Nasionalisme, ditengah keberagaman agama, Suku, Kultur, serta humanis dalam menjaga keseimbangan ditengah dinamika kehidupan berpolitik demi mewujudkan kesejahteraan dan Kemakmuran bagi rakyat Indonesia.

"Partai Nusantara didirikan oleh putra - putri di seluruh Nusantara, yang terdiri dari para ahli dari bidang ekonomi, hukum dan bidang ilmu lainya. Partai Nusantara bekerjasama dengan seluruh elemen bangsa serta mendukung kinerja pemerintah yang sah baik di tatanan eksekutif, legislatif dan yudikatif," ujar Ketua DPD Partai Nusantara Provinsi Papua Barat, Tuty Achmud Weripi.

Doktrin Partai Nusantara tak lain menanamkan nilai kesetaraan dan kebersamaan yaitu persamaan pandangan sebagai warga negara dari berbagai lintas Suku, Agama, adat istiadat dan Kebudayaan.

Kebersamaan dalam membangan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan mengedepankan saling hormat menghormati, gotong royong dan bahu membahu dalam melaksanakan demokrasi, kesejahteraan, keadilan, keamanan dan ketentraman untuk dapat berhikmat, bersatu dibawah naungan Bhinneka Tunggal Ika.

Etika politik Partai Nusantara adalah tegas, jujur, berani, bahu membahu, gotong royong dan senasib sepenanggungan dalam membangun Indonesia yang sejahtera, aman dan tenteram demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara ciri khas partai Nusantara adalah sopan dalam bertindak, santun dalam berucap menjalin rasa persaudaraan berlandaskan kesetaraan dan kebersamaan.

VISI DAN MISI PARTAI NUSANTARA

Visi Partai Nusantara adalah kesetaraan dan kebersamaan seluruh rakyat Indonesia dalam mewujudkan Indonesia yang bermartabat, berdaulat, adil dan Makmur, untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara Misi Partai Nusantara adalah (1) Meningkatkan dan mengembangkan rasa saling menghargai dan saling menghormati dalam kehidupan kemasyarakatan dalam kesetaraan dan kebersamaan.

(2) Meningkatkan kualitas SDM mandiri yang terdidik terampil, dinamis dan berkelanjutan berbasis nilai kemanusiaan yang beradab dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia.

(3) Meningkatkan rasa saling bahu membahu bergotong royong dan senasib sepenanggungan dalam menjaga kehidupan yang aman tenteram dan damai dengan kesetaraan dan kebersamaan berbangsa dan bernegara.

(4) Meningkatkan keadilan dan Kemakmuran dalam berkehidupan yang menganut ekonomi kerakyatan demi terciptanya ketahanan perekonomian yang kuat, dinamis dan berkelanjutan

(5) Meningkatkan nilai-nilai berbangsa dan bernegara dalam kehidupan berpolitik yang berwibawa amanah dan terbuka untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kini Bendera Partai Nusantara harus dikibarkan dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote dalam gugusan kepulauan di Tanah Air Indonesia.

Semoga Partai Nusantara membawa angin segar dalam dunia perpolitikan Indonesia untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang adil, setara, damai, dan makmur.


Berita Terkait