Gubernur Bantu 2,9 Milyar Buat Pekerja Sektor Formal dan Informal di Wondama

Oleh Redaksi

14 September 2020 22:09 291 VIew

''Suasana Penyerahan Bantuan oleh Gubernur Papua Barat di Alun-Alun Kota Wondama''

Teluk Wondama, arfaknews - Gubernur, Drs. Dominggus Mandacan memberikan Bantuan Tangan Kasih Pemprov Papua Barat kepada 1.624 Pekerja sektor Formal dan Informal di Kabupaten Teluk Wondama, Senin (14/9/2020).

Penyerahan bantuan tangan kasih sebagai bentuk kepedulian pemerintah Provinsi Papua Barat dalam meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah mewabahnya Covid 19, terkhusus para pekerja sektor Formal dan Informal yang ter-PHK dan atau yang dirumahkan.

Gubernur memaparkan,  data pekerja sektor formal berjumlah 63.648 orang yang terdata dari 24.476 perusahan di Papua Barat. "Dari total itu, jumlah pekerja sektor formal yang ter-PHK dan dirumahkan berjumlah 6534 orang," ungkap Gubernur.

Tak hanya sektor Formal, Gubernur juga memberikan  bantuan kepada pekerja sektor informal yaitu para pekerja Supir Angkutan, Tukang Ojek, Pedagang Sayur, Pedagang Kelontong serta profesi mandiri lainnya.

Dengan memberikan bantuan tangan kasih sebesar Rp. 600.000 per triwulan terhitung dari bulan April hingga Juni 2020. Masing - masing penerima bantuan tangan kasih menerima Rp. 1,800.000 ribu rupiah yang diserahkan dalam bentuk buku tabungan.

Secara keseluruhan, Gubernur telah menyerahkan Bantuan Tangan Kasih di 13 Kabupaten/Kota se Provinsi Papua Barat senilai 58.170.600.0000 milyar rupiah kepada 32.317 pekerja di Sektor Formal dan Informal.

Sementara, Di Kabupaten Teluk Wondama Gubernur memberikan Bantuan Tangan Kasih kepada 1.624 Pekerja sektor Formal dan Informal dengan nominal bantuan senilai Rp. 2,923.200.000 milyar rupiah.

Gubernur mengharapkan bantuan ini digunakan secara baik oleh para penerima agar bermanfaat sesuai dengan kebutuhan penerima.

Disisi lain Gubernur juga mengharapkan dukungan dari Bupati Kabupaten Teluk Wondama agar mengakomodir pekerja sektor formal dan informal yang tidak diakomodir oleh Pemprov.

Selanjutnya, Gubernur berpesan agar para penerima Bantuan Tangan kasih Pemprov Papua Barat mendaftarkan diri di Program Jaminan Kecelakan Kerja dan Jaminan Kematian pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja agar terlindungi dengan  baik.

Selain itu, Gubernur mengharapkan  dukungan masyarakat dalam memutuskan penularan Covid 19 di masyarakat.

Saya berharap bapak, ibu saudara-saudari sekalian untuk menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat, dengan menaati protokol kesehatan guna memutuskan penularan Covid 19.

Selain menyerahkan Bantuan Tangan Kasih, Gubernur juga memberikan bantuan Bapok kepada Badan Keagamaan di Kabupaten Teluk Wondama dan Bantuan Stimulus serta Bapok bagi pengrajin Dekranasda Kebupaten Teluk Wondama yang terkena terdampak Covid 19.

Tak hanya itu, Gubernur juga memberikan bantuan Mesin Jahit dan Bapok kepada Pengurus PKK, serta Bantuan Bapok kepada Perwakilan Perempuan Arfak di Kabupaten Teluk Wondama.

Selain itu, Ia juga menyerahkan bantuan dua unit Mobil Ambulance kepada Klasis Teluk Wondama dan Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Teluk Wondama.

Dan, Gubernur menyerahkan bantuan 5000 Masker kepada Bupati Kabupaten Teluk Wondama, Drs. Bernadus Imburi.


Berita Terkait