Kemenkop UKM RI Latih 60 Anak Muda Papua Di Manokwari

Oleh Redaksi

18 September 2020 00:10 241 VIew

''Suasana Pelatihan 60 Anak Muda Papua di salah satu Hotel di Manokwari''

Manokwari, arfaknews - Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melalui Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia bekerja sama dengan Papua Mudah Inspiratif (PMI) latih 60 anak Papua menjadi pengusaha  di Manokwari Papua Barat. 

Kegiatan Pelatihan  bertajuk KUMKM eksis dan mampu beradaptasi pada masa pandemi dan new normal Covid 19 menghadirkan berbagai Pemateri dengan materi-materi Manajemen Kewirausahaan kepada 60 orang anak Papua untuk mengembangkan kegiatan wirausahanya di Manokwari, Kamis (17/9/2020). 

Kepala Sub bidang Penumbuhan Kewirausahaan, Deputi Pengembangan SDM Kemenkop UKM RI, Triyanto menjelaskan program pelatihan sedang digenjot oleh kementerian Koperasi dan UMKM Cq Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam rangka percepatan perekonomian Nasional 

"Asisten Pengembangan Kewirausahaan memiliki banyak program dalam rangka penumbuhan wirausaha baru dan menumbuhkembangkan kegiatan usaha-usaha kecil, agar bisa berkembang, bisa naik kelas dari micro,  kecil hingga menjadi makro,"ucap Triyanto

Dia menjelaskan di tengah mewabahnya Covid 19 talah berdampak pada usaha masyarakat, karena itu tujuan pelatihan semata-mata untuk membangkitkan UMKM di Manokwari.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan usaha bisa bangkit dan lebih berkembang, muncul usaha - usaha baru yang miliki kemampuan untuk mengakses kegiatan wirausaha secara digital. 

Triyanto mengungkap, pihaknya telah bekerja sama dengan  Marketplace, Bukalapak dengan tujuan para peserta mampu mengakses digital dan mampu menyusun proposal usaha melalui materi bisnis plen. 

Dia melanjutkan, dalam menyusun proposal Bisnis plen akan dilakukan verifikasi dalam memilih 5 proposal terbaik untuk diberikan bantuan usaha sebesar 10 hingga 15 juta dari Kemenkop UKM. 

Asisten II Bidang Ekonomi Setda Kabupaten Manokwari, Harjanto Ombesapu menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenkop UKM serta Papua Muda Inspiratif. 

"Kami harapkan kementerian tak berjalan sendiri melainkan bergandengan tangan bersama Pemda mendorong anak-anak Papua agar mereka mampu dan bertanggung jawab, mereka bisa mandiri dalam mengembangkan usahanya," ujar Ombesapu. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Manokwari, Rosita Watofa, mengatakan Pemerintah telah menyiapkan 3 orang di Balai Koperasi Provinsi Papua Barat untuk mendampingi Koperasi dan UMKM. 

Ada tiga orang yang sudah disiapkan untuk mendampingi kegiatan Koperasi dan UMKM. "Kami harap bukan dinas yang miliki tanggung jawab semata melainkan Lurah, Kepala Kampung agar memberikan data usaha UMKM untuk diusulkan dalam Musrenbang,"tuturnya.

Watofa berharap adanya kordinasi yang itens  antara Kemenkop UKM dan pemerintah daerah, sehingga  Dinas sebagai pelaksana Teknis bisa bersama mencari solusi untuk mendukung pelaku usaha UMKM. 


Berita Terkait