Ketua DAP Sorsel Laporkan Konsesi Lahan Sawit Kepada Komnas HAM RI

Oleh Redaksi

19 September 2020 00:10 903 VIew

''Plt. Ketua DAP Wilayah III Doberay, Ketua DAP Sorong Selatan saat menyerahkan Dokumen kepada Komnas HAM RI ''

Manokwari arfaknews - Ketua Dewan Adat Papua Kabupaten  Sorong Selatan, George R. Kondjol melaporkan berbagai persoalan izin konsesi lahan perkebunan  Kelapa Sawit di Kabupaten Sorong Selatan kepada Komnas HAM RI saat kunjungan ke Kantor DAP Wilayah III Doberay, Kamis (17/9/2020). 

"Kami telah melaporkan berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah Sorong Selatan sehingga itu menjadi catatan Komnas HAM RI,"ujar Kondjol

Kami juga laporkan konsesi Izin kelapa Sawit di Kabupaten Sorong Selatan di dua distrik yaitu distrik Teminabuan dan Distrik Konda yang memakan lahan masyarakat adat seluas 60 hektar yang akan dikelola oleh dua perusahan Sawit. 

"Konsesi itu merupakan kompromi pemerintah daerah dengan pihak perusahan tanpa melibatkan masyarakat adat sebagai pemilik Hak ulayat," ungkapnya. 

Dia menerangkan, tiga kali berturut-turut masyarakat adat menyatakan mosi penolakan kepada pemerintah dan pihak perusahan untuk segera membatalkan proyek pembukaan lahan kelapa sawit di Kabupaten Sorong Selatan. 

Walaupun belum direspon secara baik oleh pemerintah setempat dan pihak perusahan. 

Minggu depan, saya bersama Ketua DAP Wilayah III Doberay akan turun ke lokasi untuk mengambil data secara lengkap guna membuat laporan tertulis kepada Komnas HAM RI. 

Selain itu, kondjol menegaskan sebagai ketua DAP pihaknya akan tetap berjuang  mempertahankan hak-hak masyarakat adat di kabupaten Sorong Selatan Papua Barat.

Selama belum ada izin dari masyarakat adat, maka pemerintah dan pihak perusahan tidak serta merta paksakan kehendak. 

"Jangan coba-coba masuk untuk mengambil atau mengelolah hasil alam yang ada di kabupaten Sorong Selatan tanpa izin kepada masyarakat adat," tegasnya. 

 


Berita Terkait