Massa Geruduk KPU Bintuni Pertanyakan Laporan Istri Bakal Calon Bupati

Oleh Redaksi

22 September 2020 23:01 598 VIew

''Aliansi Bintuni Bergerak gelar aksi di depan Kantor KPU Teluk Bintuni''

Teluk Bintuni, Arfaknews - Aliansi Bintuni Bergerak (ABB) menggelar aksi di depan Kantor KPU Kabupaten  Teluk Bintuni pertanyakan Laporan aduan salah satu Istri Bakal Calon Bupati Bintuni, Selasa (22/9/2020)

Mereka mendesak KPU segera mengambil sikap atas aduan Sri Utamiati, S.Pd kepada suaminya Ali Bauw, yang dinilai memberikan data fiktif saat mengajukan pendaftaran sebagai Bakal Calon dalam pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Koordinator Aksi, Yohanis Akwan mengatakan kehadiran massa meminta KPU menindak lanjuti laporan Sri Utamiati,S.Pd guna memberikan keadilan kepada pengadu atas apa yang dialaminya.

"Laporan ini berkaitan erat dengan asas tranparansi dan keterbukaan terhadap dokumen bakal calon di KPUD yang telah berjalan," ucap Akwan, Selasa (22/9/2020).

Dia mengatakan dalam aduan itu, istri Ali Bauw tidak ingin namanya dicatut dalam dokumen - dokumen pasangan calon.

Kedua, istrinya mengaku bahwa dia dan keluarganya  [anak – anaknya] tidak mengetahui Laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang menjadi syarat administrasi publik.

"Harus ada tranparansi setiap bakal Calon untuk maju dalam pencalonan kepala daerah,"imbuhnya.

Yohanis menerangkan, aksi tersebut sebagai presur untuk memberikan warning kepada penyelenggara  [KPU] agar mempertimbangkan asas tranparansi, akuntabilitas dan independensi sehingga benar – benar disaksikan oleh publik dan tidak ada intervensi – intervensi atau tendensi lain.

"Kita sudah bacakan aspirasi dan KPU merespon aspirasi kami, bahkan mereka siap menggelar pleno terhadap aduan pelapor.

Saya berharap KPU segera menseriusi tuntutan ini dan memberikan pertimbangan  kepada laporan aduan istri bakal Calon sebab kami menduga bahwa dokumen – dokumen tersebut cacat hukum.

Kami harap KPU segera menanggapi laporan aduan sebelum penetapan syarat administrasi bakal calon menjadi calon kepala daerah pada 23 September besok.

Sementara, Ketua KPU Teluk Bintuni, Heri Arius Salamahu
menerima aspirasi Aliansi Bintuni Bergerak namun sesuai aturan, pihaknya telah melakukan verifikasi data-data bakal Calon sesuai aturan PKPU, dan telah disampaikan, walaupun tidak ditanggapi saat penyampaian kemarin.

"Kami sudah lakukan semua proses sesuai dengan aturan dan apabila mereka tidak merasa puas, silahkan diproses lebih lanjut ke Instansi terkait," ungkap Ketua KPU,

Prinsipnya KPU siap melaksanakan apapun putusan yang penting kita menghargai tahapan – tahapan ini, silahkan saja kalau mereka merasa tidak puas maka silahkan diajukan, jelas Ketua KPUD Kabupaten Teluk Bintuni .

Sebelumnya, Istri Bakal Calon Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Sri Utamiati, S.Pd didampingi kuasa hukumnya mengajukan keberatan ke KPU Kabupaten  Teluk Bintuni atas kekisruan data Bakal Calon Bupati Bintuni, Ali Bauw pada 18 September 2020 kemarin.
 


Berita Terkait